Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Tak Berkategori / Eksploitasi Anak Oleh KNPB Dalam Gelar Aksi Demo

Eksploitasi Anak Oleh KNPB Dalam Gelar Aksi Demo

eksploitasi-anak-oleh-knpb-dalam-gelar-aksi-demoTimika, PAPUANEWS.ID –Kurang lebih 20 massa anti pembangunan Papua KNPB menggelar aksi demo dengan berjalan kaki dari arah jalan Yossudarso menuju kantor pengadilan kota Timika, Kamis (22/9).

Yang menjadi sorotan dalam aksi demo KNPB ini, mereka menggunakan anak-anak dibawah umur untuk ikut dalam aksi politiknya.

Dimana hal ini sangat bertentangan dengan Hak Asasi Perlingungan Anak, dimana anak dibawah umur sudah diikut sertakan dalam berpolitik.

Anak dibawah umur yang seharusnya mendapatkan pendidikan yang layak baik di sekolah maupun di rumah, diperdaya dengan mengikuti kegiatan-kegiatan Politik oleh KNPB, ini merupakan suatu pelanggaran yang akhir-akhir ini selalu dilakukan oleh kelompok anti pembangunan Papua (KNPB).

Baca juga :   KNPB & WPNA Coba Manfaatkan Korban Sanggeng Untuk Politik Separatis

Ditempat yang berbeda Ketua Komnas Perlindungan Anak, Aris Merdeka Sirait, yang kami hubungi untuk menanyakan hal ini, di Jakarta, mengatakan apapun yang dilakukan untuk menggunakan anak-anak dalam berpolitik merupakan sebuah pelanggaran.

“Menyertakaan anak-anak dalam kegiatan politik dengan iming-iming uang, kaos atribut, konsumsi, dan ikut konvoi kendaraan bermotor merupakan eksploitasi anak,” tegasnya.

Pengeksploitasian terhadap anak-anak juga sudah tegas diatur dalam Undang Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Pasal 15 (a) menyebutkan bahwa setiap anak berhak memperoleh perlindungan dari penyalahgunaan dalam kegiatan politik.

Pasal 87 dengan tegas menyatakan setiap orang yang secara melawan hukum merekrut atau memperalat anak untuk penyalahgunaan dalam kegiatan politik dipidana dengan pidana penjara paling lama lima tahun dan/atau denda seratus juta rupiah.

Baca juga :   Agar Pilkada Aman Dari Gangguan KKB Dan KNPB, Ini Yang Dilakukan Kapolda Pabar

Kegiatan-kegiatan yang sering dilakukan oleh KNPB, seperti Demo Damai dan lain sebagainya juga sudah banyak mendapat protes dari seluruh masyarakat Papua khususnya wilayah Timika, yang menurut mereka telah memperdaya anak-anak mereka diperalat sebagai fasilitas orasi politik mereka dengan imin-iming uang, maupun makanan.

“Ini tidak benar!!! Anak-anak yang seharusnya pergi ke sekolah untuk belajar dan menuntut ilmu dorang (KNPB) ajak untuk ikut demo,” ujar beberapa warga yang melihat aksi demo massa KNPB. (red,Mi)

 

 

Komentar Anda

About Yakleb

Beriman | Jujur | Berkarya | Demi cita-cita Papua untuk INDONESIA

Check Also

Polres Jayapura Kembali Ringkus Empat Pengedar Narkoba

Jayapura, PAPUANEWS.ID – Satuan Reserse Narkotika Polres Jayapura, Papua berhasil menangkap empat orang kurir narkoba ...