Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / INTERNASIONAL / Fiji Tegaskan Papua Adalah Bagian NKRI

Fiji Tegaskan Papua Adalah Bagian NKRI

fiji-tegaskan-papua-adalah-bagian-nkriJakarta, PAPUANEWS.ID – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menggelar pertemuan dengan Menteri Pertahanan dan Keamanan Fiji Hon Ratu Inoke Kubuabola di Kementerian Pertahanan (Kemenhan), guna membahas peningkatan hubungan bilateral kedua negara. Hal tersebut dibenarkan secara langsung oleh Menteri Pertahanan RI, Ryamizard Ryacudu, Jumat (4/11).

Menurut dia, kunjungan tersebut merupakan kunjungan bilateral meningkatkan hubungan diplomasi antara pemerintah Indonesia dan Fiji yang sudah terjalin cukup lama. Selain itu, pertemuan tersebut juga membahas masalah nasional maupun internasional yang sekarang ini sedang bergejolak.

“Dalam pertemuan tersebut yang kita sampaikan adalah, diharapkan tidak ada perang sesama negara. Musuh kita bersama adalah ISIS, kita perangi bersama. Ancaman nyata bencana alam, pencurian sumber daya alam, wabah penyakit, ancaman siber, narkoba, itu ancaman setiap negara dibahas,” kata Ryamizard.

Baca juga :   Australia Tegur Negara Pasifik Jangan Ikut Campur Urusan Indonesia

Selain itu dia juga menyatakan, selama kunjungan di Indonesia, Menhan Fiji berkunjung ke beberapa fasilitas militer yang dimiliki TNI. Seperti kunjungan di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaiam (PMPP) TNI di Sentul dan menghadiri Indo Defence 2016. Ryamizard mengatakan, Fiji sangat tertarik untuk membeli kapal dan senjata ringan buatan Indonesia.

Mantan KSAD itu juga menyinggung sikap Fiji yang merupakan salah satu negara di Kepulauan Pasifik yang menolak mendukung Papua untuk bergabung dengan Melanesian Spearhead Group (MSG). Ryamizard mengapresiasi langkah Fiji yang bersikap tegas terkait Papua yang dianggap bagian tak terpisahkan dari NKRI.

“Fiji tidak dukung (Papua gabung MSG). Vanuatu dan Solomon yang mendukung. Fiji sampaikan komitmennya untuk dukung Papua tetap dalam bagian NKRI,” katanya.

Baca juga :   Dilirik Banyak Tim, Boaz Tegaskan Setia Bela Persipura Jayapura

Ryamizard pun mendorong agar Fiji juga dapat melobi negara tetangganya yang berupaya mendukung Papua untuk masuk MSG. Pasalnya, ia menegaskan, hubungan baik antara kedua negara juga harus ditandai dengan saling mendukung kedaulatan masing-masing.

“Jadi kita semua berbicara masalah perdamaian, artinya ingin damai, yang grup ini (negara pendukung Papua gabung MSG) mau ribut, tolong (Fiji) kasih tahu,” katanya. (Red.AK)

Komentar Anda

About ALFRED KARAFIR

Check Also

KAPP Apresiasi Tawaran Kerja Sama Pemerintah Inggris

Jayapura, PAPUANEWS.ID – Tawaran kerja sama datang dari tim Program Pertumbuhan Ekonomi Hijau dari Pemerintah ...