Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / NASIONAL / Jokowi : Pelaksanaan Pembangunan Di Papua Harus Terpadu

Jokowi : Pelaksanaan Pembangunan Di Papua Harus Terpadu

jokowi-pelaksanaan-pembangunan-di-papua-harus-terpaduJakarta, PAPUANEWS.ID -Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meminta perencanaan serta pelaksanaan pembangunan yang berada di papua dilakukan secara terpadu. Jokowi mengatakan “Saya meminta setiap kementrian/lembaga, Pemerintah daerah tidak boleh lagiberjalan sendiri-sendiri dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat”. Pernyataan tersebut diutarakan saat rapat kabinet terbatas di kantor Presiden Jakarta (Selasa, 8/11).

Dalam rapat tersebut Presiden menegaskan bahwa pembangunan di Papua bukan hanya cukup atau tidak anggaran yang ada. Presiden menjelaskan dalam tahun anggaran 2016, total dana yang dianggarkan untuk membangun Provinsi Papua dan Papua Barat mencapai Rp. 85,7 Triliun.

“Ini jumlah yang cukup besar, namun anggaran yang dialokasikan itu tidak sebanding dengan peningkatan kesejahteraan yang ingin kita capai,” ujarnya.

Presiden beranggapan bahwa permasalahan yang ada tidak hanya dari segi dana anggaran saja melainkan pada proses perencanaan yang belum melibatkan seluruh sektor dan daerah yang terpadu terintegrasi sehingga pengeluaran dana belum efektif.

Baca juga :   Panpel Persipura Gandeng Kepolisian Gelar OTT Calo Tiket

Ia juga menyadari bahwasannya faktor daerah pedalaman yang sulit dijangkau di Prov. Papua dan Papua Barat menjadi faktor yang berpengaruh, tetapi hal tersebut bukan merupakan hambatan.

Presiden meminta semua pihak harus bisa bekerja secara fokus terutama dalam membangun sarana pendidikan dan kesehatan guna meningkatkan taraf hidup masyarakat Prov. Papua dan Papua Barat. Beliau juga menjelaskan bahwa pada tahun 2015 indeks Pembanguna Manusia (IPM) di Prov. Papua dan Papua Barat sudah mengalami peningkatan 0.50 poin, namun saat ini masih di bawah 60 dan itu berarti masih berada di posisi rendah.

“Saya juga minta dilakukan percepatan pada pembangunan infrastruktur dasar dan pengembangan konektivitas antarwilayah, kabupaten, kota. Percepatan konektivitas ini sangat penting untuk menciptakan pemerataan pembangunan dan keadilan pada rakyat,” katanya.

Baca juga :   1500 Mahasiswa Uncen Ikuti BUMN Hadir di Kampus

Jokowi menyinggung pula tentang penetapan BBM satu harga merupakan upaya Pemerintah untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Ia berharap kebijakan BBM satu harga akan membantu peningkatan pertumbuhan ekonomi, penurunan biaya transportasi, biaya logistik murah dan harga komoditi bs turun.

Dalam pelaksanaan pembangunan di Prov. Papua dan Papua Barat, Presiden juga menekankan perhatikan nilai-nilai HAM, tata kelola yang baik dan pegang teguh nilai-nilai budaya masyarakat Papua.

“Gunakan pendekatan budaya yang menghormati kearifan lokal dan menempatkan rakyat Papua sebagai subjek yang berperan dalam pembangunan di Tanah Papua,” kata Presiden.

Ia menyebutkan jangan hanya Pemerintah saja yang melaksanakan pembangunan, melainkan masyarakat di Prov. Papua dan Papua Barat juga harus dilibatkan dan jangan biarkan mereka hanya menonton saja.(YK)

 

Komentar Anda

About Yakleb

Beriman | Jujur | Berkarya | Demi cita-cita Papua untuk INDONESIA

Check Also

Wakil Ketua Komisi I DPR : Kalau Tentara Ditarik, Terus Mau Diganti Hansip?

Jakarta, PAPUANEWS.ID –¬†Wakil Ketua Komisi I DPR fraksi PDI Perjuangan, Tubagus Hasanuddin tidak setuju jika ...