Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / NASIONAL / 3 Pelabuhan di Sorong akan Bantu Logistik di Papua

3 Pelabuhan di Sorong akan Bantu Logistik di Papua

3-pelabuhan-di-sorong-akan-bantu-logistik-di-papuaJakarta, PAPUNEWS.ID – Demi lancarnya dan mudahnya penyaluran logistik ke Papua, pemerintah siap meningkatkan arus barang ke Papua melalui 2 pelabuhan antara lain Pelabuhan Sorong, Pelabuhan yang berada di Arar serta yang paling baru adalah Pelabuhan Seget.

Dalam acara Forum Diskusi Logistik Indonesia yang diselenggarakan oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) pada hari Rabu (9/11), Elvyn G Masassya (Dirut PT Pelabuhan Indonesia II) atau Pelindo II menjelaskan bahwa telah beroperasi 2 pelabuhan dan nantinya akan didukung dengan 1 pelabuhan yaitu Pelabuhan Seget.

“Dekat Sorong juga, untuk yang Arar dan kota sorong sudah beroperasi. Seget sedang dalam proses untuk memulai pembangunannya,” kata Elvyn menuturkan kepada PNID.

Baca juga :   Kelompok Benny Wenda Cs Diluar Negeri Bohong! Armanatha: Tidak Ada Pertemuan Tingkat Parlemen di London

Proses Pelabuhan Seget sudah berjalan antara lain pembebasan lahan dan studi kelayakan. Sementara, untuk kontruksi khusus di Sorong dan Arar sudah mulai dilakukan, sedangkan di Seget baru akan dimulai tahun depan.

Daripada itu, jalur logistik pada 2 pelabuhan tersebut masih akan dilakukan perkembangan secara bertahap.

“Kemudian di sekitarnya jiga kita akan mencari agar ada barang yang bisa dikirimkan keluar dari situ. Dibeberapa daerah misalnya, perikanan bisa dibawa keluar. Sedangkan yang masuk misalnya komoditas yang dibutuhkan di daerah setempat,” ungkapnya.

Diharapkan setelah menyediakan pelabuhan, kemudian akan ada manfaat-manfaat lanjutan yaitu distribusi barang menjadi lebih mudah. Elvyn juga melakukan komunikasi kepada para pengusaha perkapalan. Dalam komunikasi terbatas itu, pihak pengusaha kapal menyambut positif rencana pemerintah.

Baca juga :   KPK Diharap Netral Usut Korupsi Proyek Jalan di Jayapura

Dirut PT Pelabuhan Indonesia II itu menuturkan bahwa target pelabuhan-pelabuhan tersebut bisa dibuka pada Desember 2016 mendatang. Adapun kapasitas Pelabuhan do Sorong sekitar 1 Juta TEUS. (Adr)

Komentar Anda

About ALFRED KARAFIR

Check Also

Presiden : Harga BBM Naik Rp 500, Jakarta Demo Sampai 4 Bulan, Coba Lihat Warga Papua

Jakarta, PAPUANEWS.ID – Presiden RI Ir. Joko Widodo menyinggung atas kenaikan yang beberaa kali naik ...