Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / LIFE STYLE / Bijak dalam bersosial di media

Bijak dalam bersosial di media

PAPUANEWS – Kemunculan dan eksistensi berbagai media di dunia seharusnya mendorong terciptanya keadaban publik yang berdasarkan etika jurnalistik, menjadi katalisator literasi informasi untuk mempererat rasa saling menghargai keberagaman di dunia, bukan sebaliknya menjadi provokator konflik ‘etnis’ agama bahkan kebhinekaan yang seharusnya menjadi pelengkap satu sama lain.

Ada beberapa tanggung jawab sosial media yang harus diketahui bersama oleh publik. Pertama, media harus mampu dan mau  mengembangkan fungsinya menjadi katalisator perdamaian dunia. Saat ini konflik politik maupun sosial banyak terjadi di berbagai belahan dunia, penyebab utamanya rata-rata ego pribadi dan golongan yang punya “hasrat kekuasaan” yang beranggapan diri dan kelompoknya sebagai representasi kebenaran. hal seperti ini seharusnya tidak semakin dikeruhkan oleh isu-isu media melalui jurnalistik sebagai aksen dari timbulnya reaksi dari salah satu kubu atau kelompok.

Baca juga :   Gapoktan Biak Numfor Pamer Produk Minyak Gaharu ke Aceh

Jurnalis damai harus mendorong dan mengembangkan dalam bentuk narasi berita media sehingga dapat menjdai “oase”  penting sekaligus menjadi sumber pengetahuan di tengah pertentangan antara kekuatan, bukan malah menebar berita berdarah-darah sebagai jualan untuk mengejar nama semata.

Kedua, media wajib menghadirkan berita berimbang sebagai acuan organisasi media namun tidak keluar dari etika dan estetika serta kualitas berita yang disampaikan dengan lugas dan akurat. Kendali media massa saat ini melalui proses memproduksi – mendistribusi dan membuka cara konsumsi isi media yang ditawarkan.  dengan cara tersebut banyak bermunculan media berbau provokasi dan pencitraan sehingga menciderai estetika dan jati diri jurnalistik yang sebenarnya.

Baca juga :   Papeda, Menu Faforit Berjuta Manfaat

Diharapkan media massa baik cetak maupun elektronik dapat memahami hal tersebut sehingga tidak lagi menimbulkan konflik atau memperburuk keadaan, selalu ada peluang untuk penyedia jasa jurnalis media untuk menyajikan kontennya yang sehat sekaligus laku di pasaran tanpa merusak kenyamanan publik. (red.DW)

Komentar Anda

About DAWAR

Berbagi kebahagiaan dengan Cinta yang natural dan berimbang | Surf Your Life | Brake The Limit.

Check Also

Leidy Herlin Rumbiak, Putri Papua Dengan Segudang Prestasi

PAPUANEWS.ID – Leidy Herlin Rumbiak, Seorang gadis cantik kelahiran Jayapura yang mengukir prestasinya melalui program ...