Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / NASIONAL / Kepolisian Berhasil Ringkus Pelaku Penyelundup Satwa Liar Dari Papua

Kepolisian Berhasil Ringkus Pelaku Penyelundup Satwa Liar Dari Papua

Surabaya, PAPUANEWS.ID – Ratusan satwa dilindungi yang diselundupkan dari Papua digagalkan petugas Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jumat (24/2/2017).

Sebanyak 100 satwa diamankan, antara lain 40 ekor Bayan, 7 ekor Queen, 8 ekor Gagak, 9 ekor Nuri, 5 ekor Kakatua jambul kuning, 4 ekor Kanguru Walibi, 9 ekor Nuri kepala hitam, 6 ekor burung Cendrawasih, 7 ekor Jagal, 1ekor Kakatua raja, 1 ekor Bimoli, dan 3 ekor Landak.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya AKBP Ronny Suseno menjelaskan, ratusan satwa tersebut diselundupkan melalui jalur laut dari Papua dengan menggunakan Kapal Temas Gulf Mas dan KM Spill Vertikal.

“Satwa-satwa ini dibawa oleh ABK (anak buah kapal) dari Papua dan sudah  ditunggu penadahnya di pelabuhan. Kami menangkap dua ABK dan tiga  penadahnya di pelabuhan,” sebut Ronny di Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak, Jumat (24/2/2017).

Baca juga :   Jokowi Serius Menyelesaikan Permasalahan HAM di Papua

Terbongkarnya penyelundupan satwa dari Papua ke Surabaya, lanjut Ronny, bermula dari informasi KM Temas dengan ABK, WNT yang sedang menungu antrean di Karang Jamuang membawa dan melakukan transaksi satwa dengan penadah di atas kapal.

“Kami yang sudah mendapat informasi, melakukan pengecekan di kamar kapal salah satu ABK dan menemukan satwa berbagai jenis yang dilindungi tanpa dilengkapi dokumen,” terang Ronny.

Dari KM Temas, polisi mengembangkan temuan ini. Ternyata, ada satwa lain yang sudah masuk ke Pelabuhan Nilam Tanjung Perak yang di bawa KM Spill. Satwa tersebut dibawa olek ABK, ATN.

Rony menuturkan, ada lima tersangka yang terlibat dalam penyelundupan ratusan satwa dilindungi ini. Selain dua ABK kapal, WNT dan dan ATN, polisi juga menangkap tiga penadah satwa, yakni AJL, SBR dan HLM.

Baca juga :   Polisi Imbau Warga Timika Tidak Terpancing Dan Melakukan Aktivitas Seperti Biasa

“Satwa-satwa dilindungi ini akan diperdagangkan di wilayah Surabaya dan sudah ditungu penadahnya. Sementara lima tersangka sudah diamankan dan selanjutnya kami terus mengembangkan kasus ini,” tutur Rony.

Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, AKP Ardian Satrio menambahkan, KM Temas dan Spill ternyata bukan baru kali ini ditemukan membawa satwa dilindungi. Menurutnya, KM Temas sudah enam kali, sedangkan Spill sebanyak tujuh kali.

“Kami terus mendalami kasus ini dan mengembangkannya. Satwa-satwa yang kami amankan merupakan hewan yang dilindungi dan diselundupkan dari Papua ke Surabaya,” ucap Ardian.

Atas tindak kejahatan ini, polisi menjerat kelima tersangka UU RI Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistimnya. (Red.AK)

Komentar Anda

About ALFRED KARAFIR

Check Also

Presiden : Harga BBM Naik Rp 500, Jakarta Demo Sampai 4 Bulan, Coba Lihat Warga Papua

Jakarta, PAPUANEWS.ID – Presiden RI Ir. Joko Widodo menyinggung atas kenaikan yang beberaa kali naik ...