Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / NASIONAL / Warga Asing Tertangkap Selundupkan Kupu-kupu Langka Papua

Warga Asing Tertangkap Selundupkan Kupu-kupu Langka Papua

Jakarta, PAPUANEWS.ID – Penyidik Pegawai Negeri Sipil Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berhasil menggagalkan penyelundupan kupu-kupu langka jenis sayap burung goliath (Ornithoptera goliath) yang diambil dari Kampung Mokwam, Pegunungan Arfak, Papua.

“Kupu-kupu yang diseludupkan ini jenis kupu-kupu yang paling langka dan akan diselundupkan ke Prancis,” kata penyidik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Adrianus Mosa dalam siaran persnya seperti dilansir Antara, Minggu (5/5).

Menurutnya, pihak Balai Penegakan Hukum KLHK Wilayah Maluku Papua telah mengamankan barang bukti berupa satu kupu-kupu dewasa dalam keadaan sudah mati dan empat kepompong dalam keadaan hidup. Pihaknya juga telah mengamankan seorang warga asing asal Perancis berinil=sial DL pada, Kamis (2/3).

Baca juga :   Perekaman E-KTP Provinsi Papua baru Mencapai 20%

“Setelah melakukan proses pengumpulan bahan dan keterangan, kami langsung menetapkan pelaku sebagai tersangka,” ujarnya.

Tersangka sebelumnya datang ke Manokwari pada 25 Februari 2017 dan menginap di Hotel Mangga kemudian keesokan harinya melakukan perjalanan ke Pegunungan Arfak dan menemukan kupu-kupu tersebut di Kampung Mokwan.

Tidak hanya itu, dari penyelidikan yang dilakukan tersangka sudah pernah berkunjung ke Arfak pada tahun 2016 namun hanya membuat dokumentasi foto tentang kupu-kupu langka tersebut dan 2017 datang kembali berupaya menyelundupkannya.

Tersangka akan dijerat pasal 40 ayat (2) jo Pasal 21 ayat (2) huruf a dan b Undang Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Ancaman hukumannya penjara lima tahun dan denda Rp100.000.000. (red,Cs)

Komentar Anda

About Charles Suebu

Netizen asal Papua yang memiliki pandangan berbeda terhadap dunia luar.

Check Also

Presiden : Harga BBM Naik Rp 500, Jakarta Demo Sampai 4 Bulan, Coba Lihat Warga Papua

Jakarta, PAPUANEWS.ID – Presiden RI Ir. Joko Widodo menyinggung atas kenaikan yang beberaa kali naik ...