Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / KESEHATAN / Waspada, Kanker Serviks Sudah Lazim Seperti Malaria

Waspada, Kanker Serviks Sudah Lazim Seperti Malaria

Jayapura, PAPUANEWS.ID – Sekitar 60 orang anggota Persit (Persatuan Istri Prajurit) Koorcabrem 172 mengikuti kegiatan pemeriksaan deteksi dini kanker serviks dengan menggunakan metoda IVA pada hari Rabu kemarin (8/3). Metoda inspeksi visual dengan asam asetat ini dilakukan di Poliklinik Denkesyah Waena dengan menggandeng Puskesmas Waena.

Kegiatan yang dilakukan dalam rangka memperingati HUT Persit Kartika Chandra Kirana ke 71 Tahun 2017 di wilayah Koorcabrem 172 dilakukan guna mengetahui bagaimana kondisi kesehatan tubuh masing-masing anggota Persit Koorcabrem 172. Dengan memberi pemahaman tentang IVA maka kanker serviks dapat segera terdeteksi dan dapat segera cegah.

Seperti yang disampaikan oleh Ketua Persit Koorcabrem 172, Ny. Diana Boni C. Pardede bahwa dengan kondisi tubuh yang fit maka anggota Persit dapat selalu mendampingi suami dalam mengembang tugas pada negara dan bangsa.

Baca juga :   Miris, Penderita HIV Yang Meninggal Di Papua Dengan Status Pelajar

“Kita menginginkan kondisi tubuh yang tetap fit untuk mendampingi tugas suami, sehingga pemeriksaan ini paling tidak bisa mendiagnosa lebih awal jika memang ada yang ditemukan”, Katanya saat disela-sela kegiatan berlangsung pada redaksi PAPUANEWS.ID.

Sementara itu dr. Yani menyampaikan bahwa IVA merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker leher rahim sedini mungkin. Caranya adalah dengan melihat langsung (mata telanjang) ke leher rahim setelah membasahi leher rahim dengan larutan asam asetat 3-5 %.

“Saat ini musimnyakan leher rahim atau kanker serviks, dan kondisinya sudah seperti penyakit malaria kalau di Jayapura. Setiap saat di rumah sakit ada saja pasien baru menderita kanker serviks”, katanya.

Baca juga :   Dinas Kesehatan Waropen Ajak Warga Berperan Aktif Cegah HIV/AIDS

Dikatakan, bila dibandingkan dengan metode Pap Smear, metode IVA merupakan pemeriksaan yang lebih simpel. Hasil pemeriksaan lebih cepat dan singkat karena langsung bisa dilihat pada perubahan warna serviks nya.

“Setiap manusia memiliki sel kanker, akan tetapi bagaimana kanker itu berkembang tergantung dengan pola hidup. Aktifitas fisik di rumah paling tidak sekitar 10-15 menit olah raga, itu dapat menekan sel kanker kita untuk berkembang. Jangan lupa untuk selalu menjaga pola makan yang sehat seperti makan sayur-sayuran dan buah-buahan, itu penting sekali”, ujarnya.(YK)

Komentar Anda

About Yakleb

Beriman | Jujur | Berkarya | Demi cita-cita Papua untuk INDONESIA

Check Also

Save Korowai Dinilai Sebagai Wujud Peningkatan Kesehatan Masyarakat

Jayapura, PAPUANEWS.ID – Perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dalam bidang kesehatan salah satunya dicerminkan melalui ...