Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / NASIONAL / Pihak Karantina Bandara Soetta Gagalkan Penyelundupan Satwa Langka Asal Papua

Pihak Karantina Bandara Soetta Gagalkan Penyelundupan Satwa Langka Asal Papua

Jakarta, PAPUANEWS.ID -Pihak Karantina Pertanian Bandara Soekarno-Hatta berhasil menggagalkan upaya penyelundupan satwa asal Papua Senin kemarin (13/3). Satwa yang rencana akan diselundupkan ke Hongkong tersebut terdiri dari seekor ular hijau Papua, 3 ekor biawak kuning Papua dan seekor biawak bitu Papua.

Menurut Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Bandara Soetta, Eliza S. Rusli yang mengatakan, penggagalan usaha penyelundupan satwa asal Papua tersebut saat pemeriksaan paket melalui X-ray yang berisi satwa. Paket tersebut setelah diselidiki akan dikirimkan dengan tujuan Hongkong.

“Petugas kami menemukan kejanggalan dalam paket yang dilaporkan berupa makanan tersebut. Setelah dibuka, paket yang berasal dari Bogor dengan tujuan Hongkong itu ditemukan sejumlah satwa yang dimasukkan ke dalam paralon,” tutur Eliza saat ditemui di Instalasi Karantina Pertanian Bandara Soetta, Tangerang oleh redaksi PAPUANEWS.ID pada Rabu kemarin (15/3).

Baca juga :   Benny Wenda Dan ULMWP Kapok Tipu Rakyat Papua

Eliza menerangkan, saat itu untuk mengelabui petugas, kardus yang berisi sejumlah satwa itu dilapisi dengan puluhan bungkus mie instan, sehingga bila petugas tidak teliti memperhatikan layar X-ray, tumpukan satwa langka itu tidak akan terlihat jelas.

“Itu semua hewan dilindungi dan kita harus menjaga,” tegas dia.

Saat ini pihaknya masih menyelidiki kasus tersebut. Termasuk menyelidiki  pengirim satwa langka itu. Apabila terbukti bersalah, pengirim satwa dikenakan sanksi sesuai Undang-Undang Konservasi Alam.

“Saat ini, kami sedang dalam proses penyelidikan, nanti petugas kami akan melakukan proses lebih lanjut. Yang jelas satwa tersebut tidak mempunyai sertifikat dan pengirim tersebut tidak melaporkan kepada petugas karantina pertanian,”ujar Eliza.(YK)

Komentar Anda

About Yakleb

Beriman | Jujur | Berkarya | Demi cita-cita Papua untuk INDONESIA

Check Also

Wakil Ketua Komisi I DPR : Kalau Tentara Ditarik, Terus Mau Diganti Hansip?

Jakarta, PAPUANEWS.ID –¬†Wakil Ketua Komisi I DPR fraksi PDI Perjuangan, Tubagus Hasanuddin tidak setuju jika ...