Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / KESEHATAN / Krisis Kesehatan Membaik, Papua Jadi Pusat Pelatihan Operasi Bedah

Krisis Kesehatan Membaik, Papua Jadi Pusat Pelatihan Operasi Bedah

Jayapura, PAPUANEWS.ID – Kali ini perhatian lebih diberikan kepada Provinsi Papua, pasalnya Papua didaulat untuk menjadi pusat pelatihan operasi bedah bagi 100 dokter umum dan 24 dokter umum calon instruktur dari wilayah timur dan tengah Indonesia.

Instruktur Ahli Bedah dari Kolegium Ilmu Bedah Indonesia (The College of Surgeons of Indonesia) Prof Aryono D Pusponegoro di Jayapura, Selasa, mengatakan pelatihan ini didukung dan di fasilitasi oleh Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat yang bekerjasama dengan Pemerintah Australia.

“Jadi yang 100 dokter umum ini diajari jahit menjahit, ikat mengikat, menangani dan menjahit luka, memasang kateter jika orang tidak bisa buang air kecil atau `emergency` dasar dan lain sebagainya,” katanya.

Baca juga :   Dinkes Papua Imbau Masyarakat Untuk Tes HIV

Menurut Aryono, para dokter umum yang dilatih ini diharapkan bisa menangani pasien gawat daerah di pedalaman, sejalan dengan program pemerintah untuk mensejahterakan seluruh masyarakat Papua termasuk yang di pedalaman salah satunya di bidang kesehatan.

“Selain itu kami juga mendidik calon-calon instruktur ATLS (Advanced Trauma Life Support) yakni pelatihan atau kursus tentang penanganan terhadap pasien korban kecelakaan yang berat,” ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya juga melatih 24 dokter umum untuk menjadi instruktur selanjutnya agar biaya pelatihannya ke depan tidak terlalu mahal jika berasal dari dalam Papua.

Senada dengan Aryono, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Hery Dosinaen mengatakan khusus untuk Bumi Cenderawasih, pihaknya memprioritaskan dokter yang genealogisnya lahir besar di Papua.

Baca juga :   Waspada Penyakit Kencing Tikus Mulai Merambah Papua

“Nantinya tidak hanya diberi pelatihan untuk para dokter, akan tetapi juga ada kelompok masyarakat, pihak penerbangan dan gereja yang akan mendapatkan perhatian seperti ini,” katanya.

Pemerintah berharap semoga masyarakat dapat terbantu dengan para tenaga kesehatan yang terlatih, sehingga dapat terlayani dengan baik, ke depan masyarakat sudah tidak khawatir lagi jika ada kasus kesehatan yang membutuhkan operasi bedah karena program ini akan berlanjut untuk mencetak tenaga-tenaga kesehatan yang terampil di bidang operasi bedah. (red,Cs)

Komentar Anda

About Charles Suebu

Netizen asal Papua yang memiliki pandangan berbeda terhadap dunia luar.

Check Also

Save Korowai Dinilai Sebagai Wujud Peningkatan Kesehatan Masyarakat

Jayapura, PAPUANEWS.ID – Perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dalam bidang kesehatan salah satunya dicerminkan melalui ...