Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / NASIONAL / Pansus RUU Pemilu Diminta Tambah Kursi Dari Papua Dan Papua Barat

Pansus RUU Pemilu Diminta Tambah Kursi Dari Papua Dan Papua Barat

Jakarta, PAPUANEWS.ID – Guna terus memperjuangkan hak-hak masyarakat yang ada di Prov. Papua dan Papua Barat di tingkat nasional, Panitia Khusus RUU Penyelenggaraan Pemilu (RUU Pemilu) diminta menambah kursi dari Papua dan Papua Barat dari 10 kursi menjadi 20 kursi di DPR.

“Sejumlah persoalan strategis belum bisa ditindaklanjuti dengan optimal para wakil rakyat dari Papau dan Papua Barat. Belum lagi kepentingan-kepentingan masyarakat Papua dan Papua Barat yang selama ini belum pernah diangkat ke tingkat nasional,” kata Anggota DPR Papua (DPRP) Wilhelmus Pigai dalam keterangannya pagi tadi (Rabu, 29/3).

Pigai dengan tegas mengatakan, penambahan perwakilan ini didasarkan pada kebutuhan dalam memperjuangkan berbagai kepentingan masyarakat yang ada di Prov. Papua dan Papua Barat yang hingga kini dirasa belum optimal. Salah satunya seperti permasalahan Freeport yang dianggap tidak mencerminkan kepentingan lokal.

Baca juga :   Wow!! Mahasiswa Papua di Sleman Selamatkan Sumber Mata Air di Lereng Gunung Merapi

“Itu dari pendekatan atas berbagai persoalan yang berkembang. Belum lagi jika melihat penambahan kursi dari sisi luas wilayah dan status otonomi khusus dua provinsi tersebut,” ujarnya.

Dalam penjelasannya, Pigai membandingkan dengan DKI jakarta yang memiliki luas 600 Km persegi mempunyai wakil yang banyak dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat di daerahnya. Sedangkan luas Prov. Papua dan Papua Barat yang mencapai 316.335 Km persegi justru tidak sebanding dengan keterwakilan di DPR.

“Untuk itulah, kami mengusulkan agar Pansus RUU Pemilu perlu memasukkan penambahan alokasi kursi dari Papua dan Papua Barat menjadi 20 kursi. Jumlah tersebut diharapkan bisa menambah keterwakilan dan saluran aspirasi dari Papua dan Papua Barat yang masih banyak perlu diperjuangkan,” katanya melanjutkan.

Baca juga :   Pernyataan Tidak Bijak Anggota DPR Papua Yang Mendukung Kelompok Anti Pembangunan Papua (KNPB)

Dengan demikian, semangat otonomi khusus dan berbagai masalah krusial dari kawasan Papua semakin banyak diperjuangkan oleh wakil rakyat di DPR. Posisi otonomi khusus harus didukung dengan jajaran perwakilan DPR yang kuat juga. Hal ini bisa bercermin pada perwakilan DKI Jakarta dan DIY Yogyakarta yang cukup otimal memperjuangkan aspirasi rakyat dan kepentingan umum lainnya.

Saat ini, jumlah kursi di DPR sebanyak 560 kursi yang terpilih dari 77 daerah pemilihan (dapil) di 33 provinsi. Pansus RUU Pemilu diharapkan bisa mengakomodasi penambahan dapil dengan berbagai pertimbangan tersebut.
Sejumlah pihak, termasuk Sindikat Pemilu dan Demokrasi, diharapkan bisa mendorong rencana penambahan kursi untuk Papua dan Papua Barat sehingga tidak terbatas pada penambahan untuk provinsi baru.(YK)

Komentar Anda

About Yakleb

Beriman | Jujur | Berkarya | Demi cita-cita Papua untuk INDONESIA

Check Also

Presiden : Harga BBM Naik Rp 500, Jakarta Demo Sampai 4 Bulan, Coba Lihat Warga Papua

Jakarta, PAPUANEWS.ID – Presiden RI Ir. Joko Widodo menyinggung atas kenaikan yang beberaa kali naik ...