Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / KESEHATAN / Setiap Tahun 60 Orang Suku Korowai Meninggal, Mana Tanggung Jawab Pemerintah?

Setiap Tahun 60 Orang Suku Korowai Meninggal, Mana Tanggung Jawab Pemerintah?

Jayapura, PAPUANEWS.ID – Melihat fakta sekitar 60 orang suku Korowai meninggal dunia setiap tahunnya, puluhan mahasiswa melakukan kritik terhadap pemerintah dengan melakukan unjuk rasa di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Papua dan Gedung DPRP, pada Rabu, (29/3).

“Setiap tahun ada sekitar 60 orang meninggal dari suku Korowai akibat sakit yang tidak pernah mendapat pelayanan kesehatan,” kata Ketua Tim Peduli Kesehatan dan Pendidikan (TPKP) Rimba Papua, Norberd Kemi Bobii, seperti dilansir Antara.

Menurutnya, aksi ini dilakukan sebagai refleksi kemanusiaan di tengah derasnya Otonomi Khusus Papua dan melimpahnya laba Freeport yang diterima pemerintah namn masih banyak warga Papua yang belum mendapatkan pelayanan di sektor kesehatan.

Baca juga :   Mengenal Lebih Dalam Suku Korowai

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Papua Aloisius Giyai dalam konfirmasinya mengatakan, sudah lama menemukan tingginya angka kesakitan dan kematian warga suku Korowai.

Dia juga menjelaskan bahwa Dinkes Papua, telah melakukan kegiatan pelayanan kesehatan sesuai kewenangan penyediaan dana dan program yang diberikan pemerintah.

Meskipun dalampelaksanaanya belum maksimal karena dipengaruhi beberapa faktor, yakni kondisi kesehatan, ekonomi keluarga, penyediaan air bersih, rumah sehat, perilaku hidup sehat dan akses infrastruktur.

Dinas Kesehatan Papua yang seharusnya bertanggung jawab dengan seluruh pelayanan kesehatan bagi masyarakat Papua malah berbalik menanyakan “Kira-kira ini tanggung jawab siapa? Karena sejak 2013 seluruh dana otonomi khusus ke kabupaten, lalu dana-dana kesehatan itu dipakai untuk apa saja, karena Dinkes Papua sudah tidak melaksanakan program layanan langsung ke masyarakat atau wilayah puskesmas tapi hanya fungsi pengawasan dan bimtek petugas kesehatan,” katanya.

Baca juga :   Pendidikan Bagi Suku Korowai Papua Perlu Ditingkatkan

Korowai berada di persimpangan administrasi beberapa Kabupaten yakni Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Mappi, Kabupaten Boven Digoel, dan Kabupaten Asmat. “Karena Korowai ini berada di beberapa kabupaten sehingga bisa saja kurang serius diperhatikan oleh kabupaten tertentu,” ujarnya.

Suku Korowai yang berada di Pesisir Selatan Papua. Suku ini baru ditemukan sekitar 30 tahun lalu. Mereka masih hidup di atas pohon dan masih terisolir. (editor,Cs)

Komentar Anda

About Charles Suebu

Netizen asal Papua yang memiliki pandangan berbeda terhadap dunia luar.

Check Also

Miris, Penderita HIV Yang Meninggal Di Papua Dengan Status Pelajar

Jayapura, PAPUANEWS.ID – Berkisar 20 dari 57 orang penderita HIV/AIDS di Kabupaten Waropen, Provinsi Papua, ...