Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / LIFE STYLE / Pengusaha Papua Butuh Pemahaman Managerial

Pengusaha Papua Butuh Pemahaman Managerial

Jayapura, PAPUANEWS.ID – Banyak sekali jenis usaha yang dilakukan seseorang untuk mencapai kesuksessan bahkan hanya untuk mencukupi kebutuhan dan pendapatan tambahan. Sebut Pertanian, Niaga, Perikanan dan lain lain yang masih berlangsung di Papua khususnya, terlebih yang dilakukan oleh OAP (Orang Asli Papua). Pimpinan Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Provinsi Papua menyatakan orang asli Papua memerlukan penguatan dari sisi manajerial agar mereka bisa berkembang dalam berwira usaha.

“Ini perlu penguatan manajerial, karena yang namanya perusahaan, organisasi, kalau manajerialnya tidak bagus tidak akan jalan juga,” ujar Ketua Umum Terpilih BPD Hipmi Papua Dasril Sahari, di Jayapura, Sabtu(1/2).

Ia menjelaskan selama ini banyak masyarakat Papua yang mencoba memulai usaha namun sulit berkembang, bahkan akhirnya harus gulung tikar karena tidak mampu mengelola usahanya dengan baik. Menurutnya, hal tersebut lebih dikarenakan pengaruh budaya yang kental yang seharusnya mereka pisahkan dari urusan bisnis.

Baca juga :   Papeda, Menu Faforit Berjuta Manfaat

“Sebenarnya ada kelemahan dari saudara kita di Papua ini, saya melihat kekeluargaannya luar biasa, tidak bisa melihat keluarganya susah, sehingga dia tidak dapat membedakan mana pendapatan pribadi mana pendapatan perusahaan, semua di campur aduk, Sehingga tidak jelas mana ruginya, dan profitnya di mana. Kadang-kadang ini menghambat teman-teman di daerah itu, ada pekerjaan sampai Rp20 miliar, Rp10 miliar tapi apa yang di hasilkan belum tentu ada yang di tinggalkan, karena budaya seperti itu,” jelas Dasril.

Hal tersebut dikatakannya akan menjadi salah satu program kerja BPD Hipmi Papua periode 2017-2020, selain juga upaya mendorong para pelajar dan mahasiswa untuk berani menjadi pengusaha.

Baca juga :   Bijak Bermedsos, Saring Sebelum Sharing

“Kita di HIPMI ada namanya Hipmi go to school, Hipmi go to campus, kita mau perdayakan masyarakat, kita mau sampaikan pesan edukasi yang baik bagi teman-teman di kampus dan sekolah, keluarkanlah sedikit untuk berpikir lebih besar,” ujarnya.

Bukti UMKM mampu menjadi penopang perekonomian Indonesia saat krisis ekonomi 1998 adalah salah satu contoh yang digunakan untuk menarik minat para pelajar untuk berwira usaha. (dw)

Komentar Anda

About DAWAR

Berbagi kebahagiaan dengan Cinta yang natural dan berimbang | Surf Your Life | Brake The Limit.

Check Also

Leidy Herlin Rumbiak, Putri Papua Dengan Segudang Prestasi

PAPUANEWS.ID – Leidy Herlin Rumbiak, Seorang gadis cantik kelahiran Jayapura yang mengukir prestasinya melalui program ...