Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / NASIONAL / Jokowi Kenakan Noken Khas Papua

Jokowi Kenakan Noken Khas Papua

Jakarta, PAPUANEWS.ID – Saat menerima sekitar 35 pegiat literasi di Istana Negara, Jakarta, Presiden Joko Widodo sempat diberikan noken, semacam katong atau tas asli Papua, yang berisi buku-buku bacaan anak-anak.
“Anak-anak ingin Pak Jokowi pakai ini (noken),” kata pegiat literasi asal Manokwari, Papua, Misbach Surbakti, di Istana Negara, Selasa (2/5).
“Mohon berdiri bapak. Ini isinya buku-buku bacaan anak-anak,” lanjut dia.
Misbach mohon izin untuk memakaikan noken itu di leher Jokowi serupa yang dipakai sebagian warga Papua. Meski sempat ragu, namun ternyata Jokowi semringah dan senang.
Untuk diketahui, Noken merupakan tas tradisional masyarakat Papua yang biasanya dibawa dengan kepala. Tas ini terbuat dari serat kulit kayu. Sama dengan tas pada umumnya, tas ini juga digunakan untuk bawa barang-barang kebutuhan sehari-hari.
Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan dia sangat senang dengan para pegiat literasi yang menyebarkan minat baca lewat berbagai media.
“Namun juga akses terhadap buku-buku juga diperlukan. Sehingga anak-anak kita punya minat baca,” kata Jokowi didampingi Mendikbud Muhadjir Effendy dan Tim Komunikasi Sukardi Rinakit.
Jokowi meminta kepada Muhadjir Effendy untuk memberikan tambahan buku untuk para pegiat literasi itu, sepulan pertemuan di Istana.
“Nanti sepulang ini, nanti saya juga minta Pak Menteri (Mendikbud) untuk nanti ditambah oleh-oleh buku sebanyak-banyaknya. Dan saya senang sekali bahwa cara-cara menyampaikan buku-buku itu ada yang lewat apa, perahu dengan bemo, ada yang dengan kuda,” kata Jokowi di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/5).
Selain itu, para pegiat ini juga menyebarkan dan menyampaikan buku-buku ini melalui jualan jamu. Jokowi menambahkan, tak hanya akses terhadap pendidikan saja yang hatus diraih anak-anak Indonesia.
“Namun juga akses terhadap buku-buku juga diperlukan. Sehingga anak-anak kita punya minat baca,” lanjut dia.
Komentar Anda

About Admin 2

Generasi muda yang ingin memajukan Papua dengan menjujung tinggi adat dan istiadat serta dengan dasar-dasar nilai Keagamaan.

Check Also

Wakil Ketua Komisi I DPR : Kalau Tentara Ditarik, Terus Mau Diganti Hansip?

Jakarta, PAPUANEWS.ID –¬†Wakil Ketua Komisi I DPR fraksi PDI Perjuangan, Tubagus Hasanuddin tidak setuju jika ...