Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / INTERNASIONAL / Universitas Di Selandia Baru Bantah Dukung Kelompok Separatis Papua

Universitas Di Selandia Baru Bantah Dukung Kelompok Separatis Papua

Wellington, PAPUANEWS.ID — Salah satu universitas ternama di Selandia Baru Victoria University of Wellington (VUW) menegaskan pihaknya tidak pernah mendukung setiap aksi kampanye yang dilakukan oleh kelompok separatis yang selalu membuat kekacauan dan melawan Pemerintah Indonesia di Papua.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Selandia Baru Tantowi Yahya usai bertemu dengan Grant Guilford, Vice Chancellor VUW pada Rabu (21/6). Pernyataan resmi VUW tersebut dikeluarkan setelah universitas tersebut digunakan untuk menyelenggarakan public event oleh juru bicara United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Benny Wenda pada Mei silam.

“Papua telah menjadi bagian dari Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda dan separatis Free Papua Benny Wenda, adalah buronan Polisi yang sebenarnya tidak berhak berbicara atas nama masyarakat Papua,” ujar Tantowi Yahya, dalam keterangan resminya kepada redaksi PAPUANEWS.ID, Senin (26/6).

Baca juga :   Pemprov Papua Agendakan Perda Larangan Ormas Anti Pancasila

Tantowi menegaskan tujuan kegiatan tersebut semata-mata untuk kampanye separatisme. Benny Wenda dituding Tantowi banyak menyampaikan kebohongan mengenai situasi sebenarnya di Papua dalam sejumlah kampanye internasionalnya sedangkan Benny Wenda tak pernah tinggal dan mngetahui keadaan Papua saat ini.

Sementara itu, Guilford menyatakan kampus VUW tidak mendukung gerakan separatisme Papua. Dia mensinyalir hanya ada satu atau dua orang dari VUW atas nama pribadi yang bersimpati kepada gerakan tersebut.

Rektor Victoria University, lanjut Guilford, menekankan tidak ada dukungan kampus VUW secara kelembagaan kepada gerakan seperatis Papua.

Meskipun demikian, menurutnya, sesuai Undang-undang Pendidikan Selandia Baru, kampus tidak bisa melarang kebebasan civitas akademika universitas dalam menyampaikan pendapatnya.

Baca juga :   Salute! Meski Dia ODHA, Suksma Ratri Bikin Bangga Indonesia Di PBB

Sementara itu, dalam pertemuannya dengan Guilford, Tantowi juga menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada VUW yang telah membeuka mata pelajaran gamelan di New Zealand School of Music (NZSM), sejak 1970-an. Adapun sampai saat ini pengajaran gamelan tersebut masuk kurikulum New Zealand School of Music (NZSM).

Victoria University of Wellington merupakan salah satu dari 8 universitas negeri Selandia Baru yang semakin giat menjajaki kerjasama pendidikan dengan lembaga-lembaga pendidikan tinggi di Indonesia. Saat ini VUW telah memiliki kerjasama dengan UI, UGM, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), dan Polri.(YK)

Komentar Anda

About Yakleb

Beriman | Jujur | Berkarya | Demi cita-cita Papua untuk INDONESIA

Check Also

KAPP Apresiasi Tawaran Kerja Sama Pemerintah Inggris

Jayapura, PAPUANEWS.ID – Tawaran kerja sama datang dari tim Program Pertumbuhan Ekonomi Hijau dari Pemerintah ...