Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / PENDIDIKAN / 500 Siswa Dari Papua Mendapat Beasiswa Sekolah ke Jawa

500 Siswa Dari Papua Mendapat Beasiswa Sekolah ke Jawa

Jakarta, PAPUANEWS.ID – Sebagai tindak lanjut program pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia,  sebanyak 500 siswa Papua dan Papua Barat akan diberangkatkan ke berbagai wilayah di Jawa untuk mengikuti program afirmasi pendidikan menengah (Adem).

Menurut sumber dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, jumlah tersebut terbagi atas 350 siswa terbaik Papua dan 150 siswa terbaik Papua Barat.

Selain dari kedua provinsi tersebut, ada pula 150 siswa yang berada di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). Mereka akan mengenyam pendidikan di sekolah-sekolah terbaik di ibu kota provinsi asal dengan tujuan agar memiliki kemampuan belajar yang setara dengan sebagian besar anak di Jawa dan Bali.

Baca juga :   Kota Jayapura Akan Menjadi Pintu Gerbang Perdagangan di Pasifik

Diungkapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy bahwa siswa program Adem ini bukan sekadar program pemerintah, namun juga berusaha mengubah nasib bangsa Indonesia agar lebih baik di masa depan.

“Dimanfaatkan betul peluang ini untuk kesempatan meningkatkan status sosial. Pemerintah sekarang sedang memperhatikan wilayah Indonesia timur terutama Papua,” ujarnya Minggu (16/7).

Para peserta diimbau agar tetap menjaga adat dan kebiasaan di daerah penempatan dan menyesuaikan diri serta tidak memaksakan kebiasaan dari daerah asal yang tidak dapat diterima lingkungan yang baru.

Adapun program Adem sejak tahun pelajaran 2015/2016 telah meluluskan sebanyak 412 siswa dan pada tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 415 siswa.

Baca juga :   Papua Kerja Sama Dengan University Of Rhode Island di Bidang Pendidikan

“Siswa yang tidak lulus karena sakit, tidak betah sehingga kembali ke tempat asalnya, dan meninggal dunia karena kecelakaan dan lainnya,” ungkap Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, Hamid Muhammad.

Komentar Anda

About Charles Suebu

Netizen asal Papua yang memiliki pandangan berbeda terhadap dunia luar.

Check Also

Mahasiswa Papua Di Universitas Corban Salem, Oregon

Jayapura, PAPUANEWS.ID – Kota Salem adalah ibu kota negara bagian Oregon. Di kota ini lah ...