Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / NASIONAL / Jokowi : Harga bensin di Papua Sudah Sama Dengan Jawa

Jokowi : Harga bensin di Papua Sudah Sama Dengan Jawa

Semarang, PAPUANEWS.ID – Saat berpidato pada acara Halal Bihalal SMA Nasima di Jalan Yos Sudarso Nomor 9, Kota Semarang, Jawa Tengah Sabtu (22/7), Presiden Jokowi mengungkapkan jika dirinya telah membuktikan sendiri besarnya bangsa Indonesia ini. Ia sengaja terbang dari Banda Aceh ke Wamena, Papua dan melihat langsung kondisi yang sangat memprihatinkan.

“Saya pernah terbang dari Banda Aceh sampai Wamena Papua, saya hitung butuh waktu 9,5 jam. Kalau kita pakai ke luar negeri udah sampai Uni Emirat Arab. Negara ini jauh sudah sangat besar. Menuju utara di Natuna, paling Utara ujung Miangas. Pulau terkecil hanya ada 900 KK. Ada Kabupaten Nduga. Dari Wamena jalan kaki ke Kabupaten Nduga empat hari. Tidak ada aspal, saya datang tahun lalu,” katanya.

Kunjungannya ke Kabupaten Nduga di Papua juga sebelumnya mendaptkan peringatan dari Kapolri dan Panglima TNI karena faktor keamanan. Namun karena Presiden Jokowi bersikeras akhirnya sampailah di Kabupaten Nduga dengan menggunakan heli.

Baca juga :   Kebakaran di Asmat, Kerugian Mencapai 3 Milliar

“Saya diingatkan oleh Kapolri dan Panglima TNI, Bapak Presiden sebaiknya tidak ke Nduga. Pertama jauh kedua sisi keamanan. Saya sampaikan, kalau saya hanya jawab biasa pasti nggak boleh. Saya jawab, ini perintah saya ingin ke Nduga. Saya kan Panglima tertinggi. Urusan keamanan urusan TNI-Polri. Udah kesana, pakai heli,” jelasnya.

Sesampainya disana Presiden Jokowi dibuat kaget dengan melihat tidak adanya jalan aspal dan mengetahui bahwa harga bbm di Nduga mencapai Rp 100 ribu per liternya.

“Setelah saya masuk betul-betul saya kaget, betul-betul tidak ada (jalan) aspal. Memerlukan perhatian kita betul. Yang di Wamena dan sekitarnya, puncak Lani Jaya, tiga kali saya kesana. Tanyak masyarakat ,saya iseng. Bensin disini harga berapa? 60 ribu pak perliter. Kadang sampai 100 ribu pak. Kita yang disini di Jateng kalau bensin naik 500 demonya sebulan,” ungkapnya.

Baca juga :   Pelabuhan Jayapura Khusus Penumpang Rampung Bulan Agustus

Namun saat ini harga bensin di Papua, Papua Barat dan Jawa Tengah sudah sama. Menurutnya ini merupakan pengamalan dari sila kelima Pancasila, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Sekarang di Papua, di Papua Barat harga bensin sudah sama di Jawa Tengah ini. Kalau tidak seperti itu nanti kita tidak Pancasilais. Ya dong! Itu kan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia,” ujarnya.

Meskipun hal tersebut memakan biaya yang sangat besar dan membuat pemerintah harus menggelontorkan dana subsidi sebesar Rp 800 miliar, namun Presiden Jokowi menanggapinya dengan santai. (red Cs)

Komentar Anda

About Charles Suebu

Netizen asal Papua yang memiliki pandangan berbeda terhadap dunia luar.

Check Also

Wakil Ketua Komisi I DPR : Kalau Tentara Ditarik, Terus Mau Diganti Hansip?

Jakarta, PAPUANEWS.ID – Wakil Ketua Komisi I DPR fraksi PDI Perjuangan, Tubagus Hasanuddin tidak setuju jika ...