Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / NASIONAL / Menteri PUPR : Pemanfaatan Sumber Daya Air Papua Belum Optimal

Menteri PUPR : Pemanfaatan Sumber Daya Air Papua Belum Optimal

Jakarta, PAPUANEWS.ID – Provinsi Papua maupun Papua Barat dinilai memiliki potensi sumber daya air yang sangat besar hingga mencapai 3,9 triliun m3/tahun, jika ditinjau dari segi potensi pembangkit listrik tenaga air berkisar sebesar 75.000 mega watt (MW) yang sampai saat ini belum dimanfaatkan secara optimal.

Papua sendiri memiliki potensi air paling besar dari seluruh wilayah Indonesia karena curah hujan di wilayah tersebut paling tinggi. Namun, pengelolaannya masih belum tepat guna.

“Melihat kondisi jumlah penduduknya yang saat ini masih sedikit, kami prioritaskan pengelolaan SDA (sumber daya air) di Papua untuk pembangunan jaringan irigasi kecil mendukung pertanian. Ke depan seiring pertumbuhan penduduk akan ditingkatan pembangunan infrastruktur SDA berskala besar,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (10/9).

Baca juga :   Kota Jayapura Targetkan 1000 Wisatawan Asing Asal Tiongkok Tahun 2017

Basuki mengatakan, bahwa sektor pangan, air dan energi akan menjadi panglima pembangunan nasional ke depan, sekaligus ujung tombak persaingan antar negara.

Terkait pengelolaan SDA, Basuki mengungkapkan saat ini Rancangan Undang-Undang (RUU) SDA baru saja masuk dalam Prolegnas DPR RI dan diharapkan dapat segera dituntaskan dalam waktu 4 bulan ke depan.

Menurutnya, UU SDA bukan milik golongan tertentu, namun merupakan milik seluruh rakyat Indonesia. “Saya berharap Himpunan Ahli Teknik Hidraulik (HATHI) dapat mengawal dan memberikan masukan sehingga nilai-nilai Pancasila menjadi roh dalam UU SDA untuk menciptakan keadilan bagi rakyat Indonesia. Sehingga, tidak ada lagi dispute dalam peraturan tersebut,” tandas Basuki.(YK)

Komentar Anda

About Yakleb

Beriman | Jujur | Berkarya | Demi cita-cita Papua untuk INDONESIA

Check Also

Presiden : Harga BBM Naik Rp 500, Jakarta Demo Sampai 4 Bulan, Coba Lihat Warga Papua

Jakarta, PAPUANEWS.ID – Presiden RI Ir. Joko Widodo menyinggung atas kenaikan yang beberaa kali naik ...