Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / INTERNASIONAL / Pertemuan ke-48 PIF di Samoa Indonesia Ajak Negara Pasifik Perangi Sampah di Laut

Pertemuan ke-48 PIF di Samoa Indonesia Ajak Negara Pasifik Perangi Sampah di Laut

Samoa, PAPUANEWS.ID – Dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia www.kemlu.go.id, Indonesia selaku Development Partner pada Pacific Islands Forum (PIF) menghadiri pertemuan PIF ke-48 di Apia, Samoa, tanggal 4-8 September 2017, khususnya Forum Dialogue Partners (FDP) ke-29, tanggal 7 September 2017. Pertemuan bertemakan isu kemaritiman: “the Blue Pacific – our sea of islands – our security through sustainable development, management, and conservation.”

Pada Pertemuan ini, Indonesia akan mendorong kerja sama terkait memerangi masalah marine plastics debris melalui Rencana Aksi Nasional Penanggulangan Sampah Plastik di Laut, promosi dan pemanfaatan biodegradable plastic bags dan Indonesia sebagai tuan rumah pelaksanaan Our Ocean Conference 2018 di Bali.

Baca juga :   FIJI : Kembalikan Papua kepada Indonesia

Adapun agenda rangkaian pertemuan KTT PIF ke-48, sesuai pernyataan Sekjen PIF kepada media dan publik (www.forumsec.org), akan terdiri dari pertemuan Small Island States PIF; Pacific- African, Caribbean and Pacific Group of States (PACP); dan sejumlah dialog antar sektor swasta dan antar kelompok masyarakat.

Sementara itu, pada tanggal 7 September 2017, akan diselenggarakan pertemuan PIF Forum Dialogue Partners, yang terdiri atas dua sesi diskusi panel, dengan tema: Strengthening Pacific Regional Ocean Governance; dan The Blue Pacific as a Pathway for Resilient Development. Tema ini merupakan perhatian masyarakat Pasifik dan prioritas Pemerintah di kawasan Pasifik.

Di sela-sela KTT PIF ke-48, Delegasi RI yang dipimpin oleh Dirjen Asia Pasifik dan Afrika Kemlu RI, Dr. Desra Percaya, juga melakukan pertemuan bilateral dengan Sekjen PIF dan sejumlah Ketua Delegasi negara anggota PIF yaitu, Fiji, Nauru, Palau, Australia, Papua Nugini, Nieue, Cook Islands, Samoa, dan lainnya.

Baca juga :   Post-Forum Dialogue PIF ke-28, Indonesia Penting Bagi Pasifik

PIF dibentuk tahun 1971 dan bertujuan untuk memperkuat kerja sama, dengan mensinergikan sumber daya dan kebijakan guna mencapai pertumbuhan ekonomi, pembangunan berkelanjutan, good governance dan keamanan. (red,Cs)

Komentar Anda

About Charles Suebu

Netizen asal Papua yang memiliki pandangan berbeda terhadap dunia luar.

Check Also

KAPP Apresiasi Tawaran Kerja Sama Pemerintah Inggris

Jayapura, PAPUANEWS.ID – Tawaran kerja sama datang dari tim Program Pertumbuhan Ekonomi Hijau dari Pemerintah ...