Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / NASIONAL / BPOM Makassar Sita 29 Ribu Butir PCC Yang Akan Diedarkan Ke Papua

BPOM Makassar Sita 29 Ribu Butir PCC Yang Akan Diedarkan Ke Papua

Makassar, PAPUANEWS.ID – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Makassar menyita sebanyak 29 ribu butir pil paracetamol caffeine carisoprodol (PCC) yang siap diedarkan di Papua, Sulawesi Tenggara (Sultra), dan Sulawesi Barat (Sulbar).

Kepala BPOM Makassar, Muhammad Guntur saat dikonfirmasi oleh redaksi PAPUANEWS.ID pada Sabtu (16/9) kemarin menjelaskan, puluhan ribu butir pil PCC itu disita dari distributor obat resmi farmasi di Makassar yang berinisial PBS SS pada hari Jumat (15/9) dengan kondisi sudah dikemas dalam 29 plastik dan siap kirim.

” Obat PCC yang sudah sejak 2013 dicabut izin edarnya ini akan dikirim ke Papua, Sultra dan Sulbar. Ini mengherankan, kok distributor resmi mengedarkan ini obat berbahaya. Kami masih kembangkan,” kata Guntur.

Baca juga :   5 Pihak Swasta Diperiksa KPK Terkait Korupsi Proyek Jalan Di Papua

Dirinya menjelaskan, kasus ini terungkap berdasarkan informasi dari masyarakat. Dia juga mengaku sebelumnya sudah beberapa kali menggerebek PBS SS namun tidak menemukan barang bukti obat-obat terlarang.

Selanjutnya, BPOM akan berkoordinasi dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulsel dan Polda Sulsel, serta Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel, terkait penyegelan distributor obat tersebut.

Terkait dengan peredaran obat terlarang, tambah Guntur, pemilik PBS SS melanggar UU Kesehatan pasal 196 dan pasal 197 dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara dan denda maksimal Rp 1,5 Miliar.

“Jadi bukan hanya UU Kesehatan yang dilanggar, tapi UU Perlindungan Konsumen juga yang dilanggar. Kami masih periksa pemilik PBS SS,” ujarnya.(YK)

Komentar Anda

About Yakleb

Beriman | Jujur | Berkarya | Demi cita-cita Papua untuk INDONESIA

Check Also

Wakil Ketua Komisi I DPR : Kalau Tentara Ditarik, Terus Mau Diganti Hansip?

Jakarta, PAPUANEWS.ID –¬†Wakil Ketua Komisi I DPR fraksi PDI Perjuangan, Tubagus Hasanuddin tidak setuju jika ...