Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / INTERNASIONAL / Negara Pasifik Serang Indonesia di PBB

Negara Pasifik Serang Indonesia di PBB

New York, PAPUANEWS.ID – Pimpinan negara-negara Pasifik pada Majelis Umum PBB kembali serang Indonesia dengan menyuarakan dukungan terhadap Papua untuk merdeka dari Indonesia. Mereka juga mengajak negara lain untuk ikut mendukung kampanye kemerdekaan tersebut.

Salah satunya adalah Perdana Menteri Vanuatu, Charlot Salwai yang meminta Dewan Hak Asasi Manusia, PBB secara formal melakukan penyelidikan terhadap pelanggaran HAM di Papua.

”Selama setengah abad sekarang masyarakat internasional telah menyaksikan keseluruhan penyiksaan, pembunuhan, eksploitasi, kekerasan seksual dan penahanan sewenang-wenang yang dilakukan terhadap warga negara Papua Barat, yang dilakukan oleh Indonesia, namun masyarakat internasional telah menolak permintaan bantuan. Kami mendesak Dewan Hak Asasi Manusia (PBB) untuk menyelidiki kasus-kasus ini,” katanya.

Sementara itu, Perdana Menteri Solomon Island, Manasseh Sogavare, mengatakan keseriusan pembangunan yang berkelanjutan di Papua identik dengan janji kosong kecuali jika di PBB mengambil langkah-langkah aktif untuk mengatasi penderitaan warga Papua Barat.

Baca juga :   MSG tuntut pemberitaan bohong media TABLOID JUBI

”Kegagalan ini, kami sebagai keluarga PBB akan menjadi terlibat dalam mengabadikan penderitaan dan menjadi buta terhadap ketidakadilan, kehilangan satu lagi kesempatan emas untuk tetap setia pada ucapan ‘tidak meninggalkan siapa pun di belakang’,” kata Sogavare, seperti dikutip The Guardian, semalam (24/9).

Tuduhan pelanggaran HAM di Papua ini dianggap angin lalu oleh PBB, pasalnya majelis sedang terfokus oleh isu utama pelanggaran HAM yang terjadi di Myanmar terhadap etnis Rohingnya dan tuduhan pemimpin negara Melanesia tersebut dianggap telah mengintervensi kedaulatan negara Indonesia.

Para pemimpin negara-negara Pasifik itu juga terkesan menutup mata dengan pembangunan yang telah berlangsung di Papua dengan gencar yang dijalankan pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca juga :   Program Berantas Illegal Fishing Berhasil, Hasil Ikan Papua Melimpah

Pemerintah Indonesia tercatat telah membangun infrastruktur jalan hingga realisasi jaringan listrik yang selama ini tak terjamah warga di wilayah Indonesia timur tersebut dan renovasi sejumlah bandara dan pelabuhan di provinsi paling timur Indonesia itu.

Bulan lalu Presiden Jokowi telah melakukan pertemuan dengan masyarakat di Papua, yakni pemimpin gereja dan pemimpin adat untuk membahas pembentukan mekanisme formal untuk memperdebatkan isu-isu yang ada di Papua.

Namun, pemerintah Indonesia tetap menentang kemerdekaan Papua yang dikampanyekan oleh kelompok separatis karena Papua merupakan bagian tak terpisahkan dari NKRI. (red,Cs)

Komentar Anda

About ALFRED KARAFIR

Check Also

KAPP Apresiasi Tawaran Kerja Sama Pemerintah Inggris

Jayapura, PAPUANEWS.ID – Tawaran kerja sama datang dari tim Program Pertumbuhan Ekonomi Hijau dari Pemerintah ...