Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / NASIONAL / Gangguan Kriminal Bersenjata Hingga Isu Kesejahteraan Sosial

Gangguan Kriminal Bersenjata Hingga Isu Kesejahteraan Sosial

Jakarta, PAPUANEWS.ID – Permasalahan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua menjadi persoalan lama yang seakan tidak pernah tuntas. Ada banyak permasalahan yang menjadi pemicu, mulai dari gangguan kriminal bersenjata hingga isu tentang kesejahteraan sosial.

Kapolri Jenderal (Pol), HM Tito Karnavian mengatakan, salah satu permasalahan yang terjadi adalah akibat adanya pendulangan liar tailing yang merupakan limbah dari PT Freeport yang dilakukan warga lokal dan pendatang. Warga mendulang tailing di Kali Kabur.

“Di situ ada 8 ribu sampai 10 ribu pendulang liar. Pendulang liar ini ada warga lokal dan ada juga pendatang. Tapi, ditengah-tengah itu di ada KKB yang kadang mereka mendulang juga, namun kadang mereka juga melakukan pemerasan kepada pendulang liar ini,” terang Tito kepada wartawan di Jakarta, Kamis (9/11).

Baca juga :   Empat Anggota KNPB Dikenakan Pasal Makar Di Manado

Tito mengatakan, ada dua kelompok KKB yang menguasai wilayah Papua ini. Meski persenjataannya tidak terlalu banyak–hanya sekitar 5-10 pucuk–namun konflik yang ditimbulkan oleh KKB kerap terjadi karena mereka menggunakan modus ‘hit and run’. Warga disandera untuk dijadikan tameng.

“Mereka prinsipnya hit and run, setelah dikejar mereka menggunakan para pendulang sebagai tameng,” lanjut Tito.

Ada beberapa permasalahan yang menjadi penyebab munculnya kelompok bersenjata ini. Selain masalah kesejahteraan sosial, beberapa di antara tujuan KKB ini membuat kekacauan memeras dan memperkosa warga untuk menimbulkan separatisme.

“Kelompok-kelompok ini ada juga yang berbau separtisnya ada. Kita lihat lebih banyak kepada motif ekonomi. Memang ini permasalahan sosial dari dulu, agar sebaiknya tidak ada lagi pendulangan disitu. Tapi masyarakat ini harus dialihkan, dikanalisasi apa mugkin dipekerjakan,” urainya.

Baca juga :   Natalis Tabuni - Yan Kobogoyau Ditetapkan Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Intan Jaya 2017 -2022

Upaya-upaya pendekatan dengan berdialog bersama pihak Freeport hingga Pemda setempat untuk mengatasi permasalahan juga belum optimal. “Pernah ada komunikasi Freeport dengan Bupati-bupati dimana mereka berasal. Misalnya mendayagunakan kembali menjadi petani, kemudian dari pendatang luar papua, mereka dikembalikan tapi mereka disalurkan di lahan-lahan pertanian disitu. Ini yang belum tuntas,” ucapnya.

begitu juga dalam hal perkuatan pengamanan dari TNI dan Polri selalu bersiaga untuk mengatasi konflik tersebut. Polri dan TNI selalu bersiaga di lokasi.(YK)

Komentar Anda

About Yakleb

Beriman | Jujur | Berkarya | Demi cita-cita Papua untuk INDONESIA

Check Also

Presiden : Harga BBM Naik Rp 500, Jakarta Demo Sampai 4 Bulan, Coba Lihat Warga Papua

Jakarta, PAPUANEWS.ID – Presiden RI Ir. Joko Widodo menyinggung atas kenaikan yang beberaa kali naik ...