Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / NASIONAL / Dogiyai Siap Jadi Lumbung Kopi Nasional

Dogiyai Siap Jadi Lumbung Kopi Nasional

Dogiyai, PAPUANEWS.ID – Sekretaris Daerah Kabupaten Dogiyai, Natalis Degei, S.Sos. Membuka kegiatan Pembinaan Kemampuan Teknologi Industri Pengolahan Kopi (Pelatihan Petani Kader Budidaya dan Penanganan Pasca-Panen Kopi Arabika) Kabupaten Dogiyai yang diselenggarakan di Moanemani dan Mapia, Senin (20/11) hingga Kamis (24/11).

Pelatihan selama empat hari ke depan ini diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Dogiyai, berkolaborasi dengan beberapa elemen seperti SCOUPI, Pokja Papua dan Yayasan Yapkema Papua dengan diikuti peserta  sebanyak 144 petani Kopi Arabika yang mewakili 72 kampung dan sepuluh distrik di Kabupaten Dogiyai.

Ditempat yang sama, Sekretaris Dinas Perindag Kabupaten Dogiyai, Andrias Gobai, S.Sos.MA, menuturkan, Pelatihan dilakukan selama empat hari ke depan, dua hari kelas Kamuu dan dua hari kelas Mapia. Masing-masing kelas, satu hari pembekalan materi (teori) dan hari kedua praktek di kebun kopi. Pembekalan materi meliputi dua pengetahuan utama terkait perawatan tanaman kopi dan pengolahan kopi Arabika pascapanen. Kedua materi tersebut adalah pengetahuan yang relatif baru bagi para petani Kopi Arabika Dogiyai, sekali pun mereka telah memiliki kebun kopi setidaknya berusia 30-40 tahun.

Baca juga :   Kapolri : Yang Ada Peraturan Putra Daerah Hanya Untuk Papua

“Pelatihan ini adalah pelatihan kedua dari pelatihan pertama bagi 10 orang petani kader yang telah kami latih pada beberapa waktu lalu, yang telah menjadi Petani Kader Kopi Arabika, mewakili distrik-distrik di Kabupaten Dogiyai. Mereka telah menjadi pelatih sekaligus contoh bagi pengembangan kopi arabika saat ini di masing-masing distrik di Dogiyai,” katanya.

Sekda Dogiyai berharap dari kegiatan ini para petani bisa bersaing secara sehat dan dapat menambah pengetahuan dalam penanaman kopi agar mendapat kopi yang berkualitas baik serta kemudian dapat mewujudkan implementasi dari kesepakatan kerjasama agar beberapa waktu ke depan dapat melihat hasilnya. (Red.AK)

 

 

 

 

Komentar Anda

About ALFRED KARAFIR

Check Also

Dari Melanesia Untuk Indonesia Raya

Jakarta, PAPUANEWS.ID – Komunitas Tiga Batu Tungku yang terdiri dari tiga elemen masyarakat Papua, Maluku ...