Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Tak Berkategori / MRP Harus Mampu Perjuangkan Hak-hak Orang Asli Papua

MRP Harus Mampu Perjuangkan Hak-hak Orang Asli Papua

Jayapura, PAPUANEWS.ID – Salah satu tokoh Papua Yonas Nusy berharap agar anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) yang telah dilantik oleh Mendagri Tjahjo Kumolo pekan lalu, mestinya bisa memperjuangkan hak-hak Orang Asli Papua (OAP).

“MRP diharapkan dapat mengambil peran penting untuk bagaimana memberikan proteksi secara baik terkait dengan hak-hak konstitusi masyarakat adat Papua atau orang asli Papua,” kata Yonas Nusy di Kota Jayapura, Papua, Selasa (28/11).

Menurutnya, hak-hak Orang Asli Papua (OAP) yang dimaksudkan seperti yang tertuang dalam tugas pokok dan fungsi MRP sebagaimana tertuang dalam UU Otsus Nomor 20 Tahun 2001.

“Di bidang pendidikan dan kesehatan, OAP harus didukung, difasilitasi, terutama soal adat, perempuan dan agama. MRP harus bisa komunikasikan hal ini dengan pemerintah daerah, provinsi, pusat dan wakil rakyat atau legislatif, bagaimana buat OAP merasakan masa Otsus ini dengan baik,” katanya.

Baca juga :   Siswa Berprestasi Sulawesi Utara Berkunjung ke Papua

Apalagi, kata Yonas yang juga Sekretaris Jenderal (Sekjen) Barisan Merah Putih (BMP) Provinsi Papua, ada harapan besar di pundak pada anggota lembaga kultur tersebut, yang sejalan dengan pikiran pemerintah, seperti yang disampaikan oleh Mendagri Tjahyo Kumolo.

“Bahwa lembaga ini, MRP, tidak lagi menggunakan kekuatan sebagai lembaga adat untuk membicarakan persoalan politik, tapi bicara tentang bagaimana membangun komunikasi kultur yang ada di Papua untuk bisa menyambung komunikasi dengan lembaga legislatif yang disebut DPRP dan eksekutif atau pemerintah daerah sehingga diharapkan dapat melakukan eksekusi pelayanan publik secara baik, khususnya hak-hak dasar OAP,” katanya.

Mengenai alat kelengkapan dan unsur pimpinan MRP, Yonas berharap agar keterwakilan lima wilayah adat bisa sesuai atau proporsional sehingga ada rasa keadilan dan kebersamaan, jika pada dua periode lalu, unsur pimpinan ada di salah satu wilayah adat, maka pada kesempatan ini, sudah seharusnya diberikan kepada wilayah adat lainnya.

Baca juga :   Polres Jayapura Kembali Ringkus Empat Pengedar Narkoba

“Keanggotaan MRP kali ini sangat berpotensi, ada kekuatan muda dan orang tua. Sebaiknya dalam memilih unsur pimpinan dirembukan sehingga tidak terfokus pada satu wilayah adat, tapi bagaimana wilayah adat lainnya juga mendapat kesempatan yang sama jadi unsur pimpinan,” kata Yonas.

Mendagri Tjahyo Kumolo melantik dan mengambil sumpah terhadap 51 anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) yang akan bertugas untuk periode 2017-2021 di Gedung Sasana Krida Kantor Gubernur Dok II Jayapura, Senin (20/11).

Ke-51 anggota MRP yang dilantik ini terdiri atas tiga unsur yakni perwakilan agama, adat dan perempuan.

“Lembaga MRP merupakan representasi kultural sehingga jangan berperan sebagai lembaga politik,” ujarnya. (dw)

Komentar Anda

About DAWAR

Berbagi kebahagiaan dengan Cinta yang natural dan berimbang | Surf Your Life | Brake The Limit.

Check Also

Polres Jayapura Kembali Ringkus Empat Pengedar Narkoba

Jayapura, PAPUANEWS.ID – Satuan Reserse Narkotika Polres Jayapura, Papua berhasil menangkap empat orang kurir narkoba ...