Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / NASIONAL / Mengaku Pejabat Polda Papua, 5 Orang Penipu Berhasil Dibekuk

Mengaku Pejabat Polda Papua, 5 Orang Penipu Berhasil Dibekuk

Jakarta, PAPUANEWS.ID – Kepolisian Polda Metro Jaya berhasil menangkap 5 orang penipu yang mengaku pejabat utama di Polda Papua. Hal tersebut seperti yang dijelaskan oleh Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, AKBP Ade Ary yang mengatakan aksi penipuan dengan modus tersebut telah berhasil membuat raib uang sejumlah 70 juta dari seorang pengusaha. Kelima orang tersebut adalah ND (32), AIS (26), T (24), HL (38) dan R (38).

“Mereka mengaku sebagai pejabat Polda Papua. Mereka bilang ke korbannya sedang butuh bantuan segera. Kalau korban setuju diberikan nomor rekening agar bisa ditransfer,” ujar Ade, di Mapolda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Kamis (25/1/2018).

Gerombolan ini, kata Ade, mencari calon korban secara acak, dengan melihat profile-profile korbannya melalui internet. Modus mereka adalah dengan mengaku sebagai pejabat di daerah korban tinggal.

Baca juga :   Presiden Jokowi Rencanakan Kunjungan Ke Papua Lagi

“Kami mengimbau kalau tiba-tiba ditelpon pejabat tertentu dan diminta transfer sejumlah uang, silahkan dicari informasi kebenarannya atau lapor ke polisi,” ungkap Ade.

Kronologi penipuan ini bermula dari korban yang mendapat pesan singkat dari nomor 081318949456 berisi permintaan bantuan uang.

Pelaku mengaku sebagai salah satu pejabat utama di Polda Papua melalui pesan singkat, yang kemudian dilanjutkan dengan menelepon korban.

“Komplotan ini meminta uang sebesar Rp 100 juta dan mengatakan akan segera menggantinya. Korban pun percaya dan mentransfer uang itu,” imbuh Ade.

Setelah transfer dilakukan, korban langsung menghubungi kantor Polda Papua, yang mana Polda Papua membantah meminta sejumlah uang kepada korban.

Barulah korban sadar bahwa ia mengalami penipuan. Korban pun langsung membuat laporan polisi. “Korban sudah lakukan konfirmasi termasuk ke pejabat, sehingga sempat lakukan pemblokiran Rp 30 juta, sehingga korban ruginya Rp 70 juta,” kata Ade.

Baca juga :   Tabrakan Maut!! 2 Orang Tewas, Salah Satunya Warga Papua

Polisi menangkap kelima pelaku di lokasi berbeda di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Saat diintrogasi, para pelaku menyatakan sudah melakukan aksinya selama satu tahun. Korbannya pun sudah mencapai 30 orang.

Diketahui, komplotan itu saat membuat rekening di bank menggunakan data palsu. Mereka membeli data-data palsu itu ke sindikat penipu lainnya.

Kelima tersangka kini dijerat Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.(YK)

Komentar Anda

About Yakleb

Beriman | Jujur | Berkarya | Demi cita-cita Papua untuk INDONESIA

Check Also

3 Organisasi Berencana Gelar Festival Puncak Papua

Jakarta, PAPUANEWS.ID –¬†Organisasi Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri dan Indonesia Mengajar (IM) berencana menggelar ...

Translate »