Aplikasi Tukar Uang

 

Sekarang Ini Bank Indonesia (BI) telah mengeluarkan Pintar, yaitu sebuah Aplikasi Tukar Uang Baru 75 Ribu dan juga Uang yang sudah rusak atau Cacat lainnya dengan Mudah secara Online.

Seperti yang kita ketahui bersama jika momen Bulan ramadhan selain digunakan untuk beribadah, kita juga bisa menggunakannya untuk bersilaturahmi dengan sanak saudara Famili.

Biasanya, Waktu yang pas untuk kita saling bermaafan adalah pada saat tiba hari kemenangan atau banyak yang mengatakan Hari lebaran.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mempererat tali silaturahmi selain bersalam-salaman, yaitu membagikan sebagian rejeki berupa uang kepada kerabat dekat.

kegiatan membagikan uang kecil merupakan kegiatan yang sudah menjadi adat-istiadat yang banyak dilakukan di sejumlah masyarakat kita.

Namun karena pada saat mendekati hari H (Lebaran) Menukarkan uang Kecil pecahan Rp. 2000, Rp. 5000, Rp. 10.000, Rp. 20.000 hingga Rp. 50.000 sangatlah susah maka kami akan bagikan solusinya yaitu dengan menggunakan Aplikasi PINTAR BI di HP android dan IOS.

Apa itu Aplikasi Tukar Uang?

Tentang Aplikasi Tukar Uang

Jika berbicara mengenai Aplikasi Tukar Uang, maka itu mengacu pada sebuah Aplikasi yang saat ini sedang viral Yaitu Aplikasi bernama PINTAR yang dibuat oleh Developer Resmi Bank Indonesia (BI).

Aplikasi Pintar Merupakan sebuah aplikasi yang banyak memiliki layanan seperti penukaran uang rupiah melalui Kas keliling, penukaran uang rupiah yang cacat atau sudah rusak, uang UPK 75 Tahun, hingga Sejarah dan Seputar Rupiah.

Kepanjangan PINTAR Sendiri menurut Bank BI yaitu Penukaran dan Tarik Yang Rupiah.

Lantas, Apabila saat ini kamu ingin menukarkan uang untuk Acara Idul Fitri, Santunan Anak Yatim dan membutuhkan Uang Pecahan Kecil, maka kamu bisa andalkan Aplikasi Pintar by Bank BI.

Akan tetapi sebelum kalian melakukan transaksinya, alangkah baiknya kamu baca semua fitur dan layanannya terlebih dahulu.

Fitur & Layanan Aplikasi Tukar Uang PINTAR

Fitur dan Layanan Aplikasi Tukar uang

Berikut ini ada beberapa Layanan yang ada pada Aplikasi Tukar Uang PINTAR yang dapat kalian simak beserta dengan panduan pemesanannya.

1. Penukaran Uang Rupiah lewat Kas Keliling

Perlu kalian ketahui, sesuai dari Halaman resminya, ini adalah bentuk kepedulian dari Bank Indonesia dalam menyambut Normal Baru yang dimana memfasilitasi Masyarakat untuk bisa menukarkan Rupiah melalui Kas Keliling.

Tujuan utamanya agar masyarakat dapat menukar uang yang layak untuk diedarkan dengan Jumlah yang Cukup sesuai dengan kebutuhan dan pecahan yang sesuai keinginan.

2. Penukaran Uang Rupiah Rusak atau Cacat

Kamu seorang pedagang yang memiliki banyak uang dengan kondisi Rusak atau Cacat yang tidak layak untuk di edarkan? Jika iya, segeralah untuk menukarkannya melalui Aplikasi Pintar.

Biasanya kita Menukarkan uang yang rusak melalui datang langsung ke Bank yang dimana kita tidak tau seberapa panjang antrian di sana.

Kita tidak perlu jauh-jauh lagi datang ke Bank Swasta atau lama-lama mengantri di Bank dengan menunggu.

Selain itu, dengan adanya aplikasi ini juga akan mengurangi Resiko Kejahatan seperti Jambret ataupun Maling.

3. Bantu dan Tanya Jawab

Bank Indonesia selaku pengembang utama membuka kepada siapapun pengguna dari Aplikasi PINTAR yang mengalami kendala ataupun apapun maka bisa melihat langsung Definisi Pintar, pemesanan penukaran, bukti pemesanan, Kontak pusat Bank BI untuk tanyakan langsung.

Bagi kamu yang ingin tau bagaimana cara untuk memesan uang melalui Aplikasi Pintar, maka kalian bisa melalui artikel dari kami.

Sayangnya meskipun Namanya Aplikasi, dia hanya tersedia di Bank Indonesia saja dan tidak tersedia di Aplikasi Playstore.

Cara memesan & Menukar Uang di Aplikasi Tukar Uang PINTAR

Bagi kamu yang belum tau bagaimana sih caranya untuk menukar uang melalui Aplikasi PINTAR? Silahkan kalian ikuti panduannya berikut ini.

  • Pertama, silahkan kalian kunjungi link atau tautan pintar.bi.go.id.
  • Jika sudah, silahkan tekan Tombol “penukaran uang rupiah melalui Kas keliling”.
  • Selanjutnya, silahkan untuk Pilih Lokasi kas keliling yang diinginkan.
  • Kemudian Lokasi dan juga tanggal ketersediaan akan ditampilkan dan dapat kalian pilih.
  • Kemudian kalian tinggal masukan data-data seperti NIK KTP, NO. TELP, NAMA, dan juga EMAIL.
  • Jika sudah, silahkan kalian pilih Pecahan uang Lembar Kertas atau Kepingan yang mau ditukarkan.
  • Selanjutnya, kalian lakukan transaksi dan mendapatkan Konfirmasi dan Bukti pemesanan.
  • Selesai, Kalian tinggal datang ke Kas Keliling di tanggal yang telah tersedia dan disepakati.

Catatan!! Tata Cara Menukar Uang Rusak pada dasarnya sama saja dengan menukar uang pecahan melalui Kas keliling yang sudah kami bagikan sebelumnya.

BACA JUGA :  Aplikasi Penghasil Uang

Manfaat menukarkan uang melalui Aplikasi Tukar Uang

Menurut kami, Program dari Bank BI dalam membuat Aplikasi Pintar ini sangat tepat.

Berikut ini ada beberapa Manfaat yang dapat pengguna rasakan apabila menukarkan uang lewat Aplikasi Pintar, diantaranya sebagai berikut ini.

  • Meminimalisir Peredaran Uang Palsu

Uang Palsu yang marak sekarang ini bisa terminimalisir, tentunya kita bisa terhindar dari uang-uang yang dilarang tersebut.

Uang yang didapat dari Bank Indonesia telah menjadi standar dan mendapatkan Izin edar yang legal sehingga kamu akan aman membelanjakan uang tersebut.

  • Mengurangi Resiko Kejahatan

Sama seperti fungsi Mbanking dan juga Dompet Elektronik yang sering kita pakai untuk bertransaksi, adanya Aplikasi Pintar dapat meminimalisir tindak kejahatan.

Bagi kamu yang selama ini sering menenteng di Tas maka kalian harus lebih berhati-hati karena banyak oknum atau pencuri, jambret yang bisa saja mencuri uang kamu.

Pepatah mengatakan, sedia payung sebelum hujan. Itulah yang sebaiknya kalian lakukan.

  • Mengurangi Resiko penyakit

Di era perkembangan jaman dengan pandemi yang belum berakhir, meskipun saat ini sudah ada di Normal baru namun kalian tetap harus menerapkan Protokol kesehatan.

Uang Rupiah yang sebagai alat pembayaran utama untuk jual beli, sangat rentan sebagai sarana alat menyebarkan virus, namun dengan Aplikasi pintar ini, akan dapat terminimalisir dengan mudah.

  • Mendapatkan Uang Pecahan 75.000

Kalian bisa menukarkan Uang spesial edisi Kemerdekaan (UPK) lembaran Rp. 75.000 dengan sangat gampangnya.

Seperti yang kita ketahui jika uang 75K ini sangat sudah untuk mendapatkan dan tersedia tidak banyak.

Kalian bisa simpan uang pecahan 75.000 ini sebagai koleksi barang Antik karena jumlahnya yang terbatas di peredaran.

BACA JUGA :  Aplikasi Penghasil Saldo Dana

Apakah menukarkan uang di Aplikasi Pintar Aman?

Bisa kami pastikan 100% jika untuk menukarkan uang di Aplikasi Pintar ini sangat aman karena diawasi langsung oleh Bank Indonesia.

Semua masyarakat Indonesia tentunya sudah mengetahui siapa itu Bank Indonesia.

Bank Indonesia merupakan salah satu dari sekian banyak Bank Nasional yang tentunya sudah Resmi di Indonesia.

FAQ

Sebenarnya melalui situsnya sudah sangat jelas, akan tetapi Papuanews menyajikan ulasan yang berbeda dengan penyampaian yang berbeda pula.

Berikut ini ada beberapa pertanyaan dan jawaban terkait Aplikasi Penukaran Uang PINTAR yang dapat kalian simak.

Apa kekurangan aplikasi Pintar?

Tidak banyak lokasi KAS keliling yang tersedia, untuk itu buat kamu yang berada jauh dari lokasi akan lebih ekstra berusaha untuk mencapai lokasi yang tersedia tersebut.

Apakah tersedia di Google Playstore?

Tidak ada, kalian hanya bisa dapatkan aplikasi ini pada situs pintar.bi.go.id yang dimana hanya satu-satunya, tidak ada Aplikasi Tukar Uang Mod Apk lainnya.

Apa yang harus di siapkan saat mau menukarkan uang?

Berikut ini ada beberapa hal yang harus kalian siapkan sebelum menukarkan uang melalui Aplikasi Pintar.

  • Rapihkan yang dengan pecahan yang sama.
  • Silahkan untuk mencampur yang dengan arah yang sama.

Akhir Kata

Demikian Artikel mengenai Aplikasi Tukar Uang PINTAR yang dapat kami sampaikan, terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa.