Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / INTERNASIONAL / Siswo Pramono : ULMWP Bisa Masuk Keanggotaan MSG “Tidak Benar”

Siswo Pramono : ULMWP Bisa Masuk Keanggotaan MSG “Tidak Benar”

Jayapura, PAPUANEWS.ID – Analis Senior Politik Luar Negeri, Kementerian Luar Negeri, Siswo Pramono menuturkan bahwa hasil komunikasinya pada tanggal 19 Desember 2016 dari Honiara menerangkan beberapa poin, Selasa (20/12).

Pertama, MSG tidak mengagendakan Konferensi Tingkat Tinggi (Summit), Kedua, Sekretariat MSG hanya mengagendakan pertemuan untuk membahas tentang Senior Official Meeting (SOM) pada 20 Desember 2016 dan dilanjutkan dengan agenda Foreign Ministerial Meeting (FMM) pada 21 Desember 2016.

Lalu dalam SOM itu sendiri dibahas adalah terkait keanggotaan tentang laporan tahunan 2016, program kerja 2017 dan perkembangan Melanesia FTA termasuk hasil Police Minister Meeting.

“Jadi memang tidak ada KTT karena Leader dari Fiji dan PNG tidak hadir dan menganggap tidak ada isu urgent yang perlu dibahas. Selain itu waktu pertemuan kurang tepat karena menjelang Natal,” ujarnya.

Baca juga :   Sosialisasi Pencalonan Indonesia Pada DK PBB Patahkan Tuduhan Pelanggaran HAM di Papua

Begitu juga dengan upaya ULMWP untuk bisa masuk menjadi anggota MSG pada 20 Desember kemarin dikatakan tidak benar. Pasanyal pada pasal 1 ayat 3 Agreement Estabilishing The Melanesian Spearhead Groud (MSG) yang merupakan konstitusi MSG jelas menyampaikan bahwa hanya KTT yang bisa menentukan kriteria tentang status observer dan associated member serta penerimaan anggota dalam kualifikasi observer atau associated member.

“Pertemuan di Honiara tanggal 20-21 Desember hanya level SOM dan FMM, bukan level KTT,” pungkasnya. (Adr)

Komentar Anda

About Admin 2

Generasi muda yang ingin memajukan Papua dengan menjujung tinggi adat dan istiadat serta dengan dasar-dasar nilai Keagamaan.

Check Also

KAPP Apresiasi Tawaran Kerja Sama Pemerintah Inggris

Jayapura, PAPUANEWS.ID – Tawaran kerja sama datang dari tim Program Pertumbuhan Ekonomi Hijau dari Pemerintah ...