Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / NASIONAL / Ditemukan Cadangan Minyak Dan Gas di Laut Selatan Jawa Hingga Papua

Ditemukan Cadangan Minyak Dan Gas di Laut Selatan Jawa Hingga Papua

Jakarta, PAPUANEWS.ID –  total cadangan minyak yang ada di Indonesia diperkirakan ada sekitar 7,5 miliar barel dan diantaranya merupakan cadangan minyak yang status P1dengan jumlah 3,6 miliar barel, selanjutnya sekitar 3,8 miliar barel merupakan potensi yang harus dibuktikan terlabih dahulu melalui eksplorasi.

Sampai dengan saat ini baru ada 28 cekungan (basin) saja yang telah dieksplorasi yang rata-rata lokasinya berada di wilayah Indonesia bagian barat. Masih ada 70 cekungan lagi yang belum di eksplorasi dan cadangan minyak dengan jumlah 3,8 miliar barel inilah yang berada di 70 cekungan ini. Menurut penelitian yang dilaksanakan diperkirakan juga dalam 70 cekungan tersebut mengandung gas alam sekitar 47,35 TSFC.

Baca juga :   Bersama Jaga Papua, RI Rangkul Negara Kawasan Pasifik

Lokasi yang telah dieksplorasi dan banyak terkuras berada diwilayah Indonesia Timur diantaranya ialah : Pulau Kalimantan Timur, Jawa dan Sumatera. Sedangkan cadangan paling besar yang masih tersimpan saat ini berada di Laut Natuna, Laut Selatan Jawa dan Laut Aru di Papua.

“Cadangan minyak dan gas yang belum dieksplorasi ada di laut lepas selatan Jawa sampai Papua,” kata Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Ego Syahrial, kepada Tim PAPUANEWS.ID, Selasa (7/2/2017).

Menurutnya, tak mudah untuk menggali minyak dan gas bumi dari cekungan-cekungan tersebut. Lokasinya berada di laut dalam dan membutuhkan banyak biaya sehingga resiko kegagalan sangat tinggi.

Ego juga menjelaskan bahwa wilayah penggalian cadangan minyak sampai saat ini belum ada investor yang berani melirik. Berdasarkan hal tersebut menurut Ego perlu dibut kebijakan-kebijakan yang mempermudah ekplorasi agar 70 cekungan tersebut bisa segera digarap.(YK)

Komentar Anda

About Yakleb

Beriman | Jujur | Berkarya | Demi cita-cita Papua untuk INDONESIA

Check Also

Presiden : Harga BBM Naik Rp 500, Jakarta Demo Sampai 4 Bulan, Coba Lihat Warga Papua

Jakarta, PAPUANEWS.ID – Presiden RI Ir. Joko Widodo menyinggung atas kenaikan yang beberaa kali naik ...