Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / NASIONAL / Terungkap Operasi Cesar dengan Silet Di Papua

Terungkap Operasi Cesar dengan Silet Di Papua

Jakarta, PAPUANEWS.ID – Cerita nyata tentang operasi cesar yang dilakukan oleh seorang dokter di pedalam belantara Boven Digoel di Papua ini diangkat menjadi sebuah film yang diproduksi pertama kali oleh orang asli Papua. Rencananya film tersebut akan dirilis pada tanggal 9 Februari 2017 besok.

Dalam film tersebut menceritakan tentang salah satu peristiwa yang dialami oleh sang dokter ketika menyelamatkan nyawa pasiennya. Yang mana pada saat itu karena keterbatasan peralatan medis sang dokter terpaksa melakukan operasi cesar dengan menggunakan patahan silet.

Dalam tindakan operasi tersebut sang bayi meninggal sedangkan nyawa sang ibu terselamatkan. Adegan tersebut digambarkan sangat miris sekali oleh FX Purnomo, sang sutradara.

Baca juga :   2017 Jumlah Investor di Papua Barat Hampir Capai 500 Orang

“Film yang kami buat ini diangkat dari sebuah buku. Buku tersebut bercerita tentang pengalaman nyata saya selama di Boven Digul,” kata produser film John Manangsang, di Jakarta, Senin (6/2/2017).

Dokter tersebut ialah Jhon Manangsang, dia menulis catatan dan menerbitkannya menjadi buku dengan judul Catatan Seorang Dokter dari Belantara Boven Digul.

“Saya bekerja di Papua selama dua tahun, mulai dari tahun 90 sampai dengan 91. Dalam tulisan saya ada beberapa pengalaman salah satunya ialah melakukan operasi cesar dengan menggunakan silet” Ungkapnya.

Peristiwa yang memilukan tersebut terjadi di daerah Tanah Merah tempat dia bertugas. Pada saat itu Puskesmas Tanah Merah merupakan satu-satunya tempat pelayanan medis di daerah itu.

Baca juga :   Politisasi Asing Hanya Memperkeruh Situasi Papua

Jhon juga mengakui bahwa saat itu dia bukan hanya mempertaruhkan nyawa sang bayi namun juga keselamatan nyawa ibunya. Bayangkan pada saat operasi berlangsung dia tidak menggunakan obat bius.

“Pertaruhan yang luar biasa. Tidak ada bius operasi, peralatan terbatas, tidak ada tenaga dokter yang memadai, jadi operasi cesar dengan silet”, lanjutnya.

Film yang meraih penghargaan Piala Maya 2015 kategori Film Daerah Terpilih ini, hanya akan diputar di 15 layar bioskop, dimulai pada 9 Februari 2017.

Sejumlah bintang yang akan mengisi film ini antara lain Christine Hakim, Joshua Matulessy, Maria Fransisca, Ellen Aragay, Edo Kondologit, dan Lala Suwages.(YK)

Komentar Anda

About Yakleb

Beriman | Jujur | Berkarya | Demi cita-cita Papua untuk INDONESIA

Check Also

Presiden : Harga BBM Naik Rp 500, Jakarta Demo Sampai 4 Bulan, Coba Lihat Warga Papua

Jakarta, PAPUANEWS.ID – Presiden RI Ir. Joko Widodo menyinggung atas kenaikan yang beberaa kali naik ...