Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / NASIONAL / Pembangunan Jalan Di Papua, Buka Keterisolasian Wilayah

Pembangunan Jalan Di Papua, Buka Keterisolasian Wilayah

Jakarta, PAPUANEWS.ID – Guna membuka akses wilayah-wilayah pedalaman di Papua yang masih terisolasi Pemerintah Pusat sudah berupaya membangun jalan-jalan penghubung. Selain, untuk membuka akses wilayah yang terisolasi pembangunan jalan di Papua juga untuk memperlancar suplai logistik guna menurunkan tingkat kemahalan barang yang ada di Prov. Papua dan Papua Barat. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

Selain pembangunan jalan trans Papua, kementerian PUPR juga telah membuka jalan baru di daerah pantai utara Prov. Papua. Jalan baru tersebut nantinya akan menghubungkan Kab. Nabire dan Kab. Waropen. Adapun perinciannya adalah sebagai berikut : ruas jalan mulai dari Batas Kota Nabire – Kimibay – Legari (47,66 km) dan ruas jalan strategis Legari – Botawa (Kab. Waropen) – Gesa (Kab. Membramo) sepanjang 411,94 Km.

Baca juga :   PU Manokwari Pantau Jalan Permanen Trans Papua Barat

Guna pengawasan dalam proses proyek tersebut dan agar informasi tentang pembangunan jalan tersebut sampai kepada publik, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN XVIII) Papua, Kementerian PUPR telah membentuk tim ekspedisi yang juga mengikutsertakan wartawan melihat langsung ke lokasi pembangunan jalan tersebut.

Jalan baru di wilayah pantai utara Prov. Papua ini bukan merupakan bagian dari jalan trans Papua, namun pembangunan jalan tersebut dipandang sangatlah strategis karena dapat menghubungkan antar distrik sehingga dapat juga menekan tingginya harga barang logistik yang dibutuhkan oleh masyarakat setempat.

Masyarakat diwilayah tersebut saat ini sangat menggantungkan dari alat transportasi laut dan udara. Tetapi masyarakat enggan menggunakan transportasi laut apabila memasuki bulan Desember dikarenakan saat itu merupakan air pasang dan gelombang laut tinggi.

Baca juga :   Mahasiswa Papua Ingatkan KNPB Berhenti Lawan Pemerintah

Saat ini jalan yang sudah tersambung dari Kab. Nabire sampai dengan Legari sepanjang 80 Km. Pada tahun ini Kementerian PUPR melalui BBJN XVIII Papua akan menambah 3 Km. ruas jalan Nabire-Kimibay-Legari, termasuk pembangunan pembangunan jembatan dengan panjang 80 m. yang melintasi sungai Legari. Dana dalam pelaksanaan proyek ini menelan hingga Rp. 15 miliar.(YK)

Komentar Anda

About Yakleb

Beriman | Jujur | Berkarya | Demi cita-cita Papua untuk INDONESIA

Check Also

Presiden : Harga BBM Naik Rp 500, Jakarta Demo Sampai 4 Bulan, Coba Lihat Warga Papua

Jakarta, PAPUANEWS.ID – Presiden RI Ir. Joko Widodo menyinggung atas kenaikan yang beberaa kali naik ...