Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / NASIONAL / Proyek Pembangunan PLTU di Papua Diganti Menjadi PLTMG

Proyek Pembangunan PLTU di Papua Diganti Menjadi PLTMG

Jakarta, PAPUANEWS.ID – Menteri ESDM Ignasius Jonan memberikan instruksi agar ke depannya tidak lagi membangun pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Papua. PLTU yang berbahan bakar batu bara ini dinilai tidak cocok untuk Papua yang bukan merupakan daerah penghasil batu bara.

Proses pengiriman batu bara ke Papua juga tidaklah mudah. Kapal-kapal yang digunakan sebagai pengangkut batu bara dari Kalimantan ke Papua sering tidak bisa berlayar akibat badai dan ombak tinggi.

Oleh karnanya, Jonan meminta pembangkit listrik di daerah disesuaikan dengan potensi energi yang terdapat di daerah tersebut agar efisien. Penggunaan bahan bakar yang sumbernya berasal dari daerah lain akan memakan biaya distribusi yang mahal.

Baca juga :   Disdikbud Merauke Berharap PLN Tidak Lakukan Pemadaman Listrik Saat UNBK

Lagi-lagi masyarakat yang rugi karena akibat biaya produksi listrik yang tak efisien membuat tarif listrik menjadi mahal. Jonan memberikan gagasan agar PLTU di Papua diganti saja dengan pembangkit listrik berbahan bakar gas, karena Papua merupakan penghasil gas bumi.

“Papua tidak boleh bangun PLTU lagi, pasokan batu baranya susah. Nanti harga listriknya enggak turun-turun. Pakai gas saja,” katanya saat rapat dengan Komisi VII di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (30/3).

Untuk proyek pembangunan PLTU yang sudah ada dan hampir selesai dilanjutkan saja pembangunannya namun yang belum harus dibatalkan dengan pembangkit gas.

Instruksi yang diberikan oleh Jonan langsung direspon oleh Direktur Bisnis Regional Maluku-Papua PLN, Haryanto WS yang membatalkan beberapa proyek pembangunan PLTU di wilayahnya.

Baca juga :   Ditemukan Cadangan Minyak Dan Gas di Laut Selatan Jawa Hingga Papua

“Proyek-proyek yang sudah jalan diteruskan, PLTU yang sudah ada juga jalan terus. Tapi yang baru mau dibangun, digantipembangkit listrik tenaga mesin gas (PLTMG)” ujarnya.

Ada 4 proyek PLTU yang dibatalkan dan diganti dengan PLTMG, yakni PLTU Ambon 2 x 50 MW, PLTU Sorong 2 x 50 MW, PLTU Jayapura 2 x 50 MW, dan PLTU Halmahera 2 x 30 MW. (red,Cs)

Komentar Anda

About Charles Suebu

Netizen asal Papua yang memiliki pandangan berbeda terhadap dunia luar.

Check Also

Presiden : Harga BBM Naik Rp 500, Jakarta Demo Sampai 4 Bulan, Coba Lihat Warga Papua

Jakarta, PAPUANEWS.ID – Presiden RI Ir. Joko Widodo menyinggung atas kenaikan yang beberaa kali naik ...