Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / NASIONAL / Komando Dari Menteri Susi, Lantamal XIV Sorong Ledakkan Kapal Filipina

Komando Dari Menteri Susi, Lantamal XIV Sorong Ledakkan Kapal Filipina

Sorong, PAPUANEWS.ID – Berdasarkan komando dan aba-aba yang diberikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dari Ambon, Lantamal XIV Sorong, Papua Barat meledakan kapal FB Jamelia 01 yang diduga milik nelayan Filipina di perairan timur Pulau Nana Kota Sorong, Sabtu (1/4).

Peledakan kapal asing tersebut dilakukan secara simultan atau serentak sesuai arahan dari Menteri Susi di seluruh Indonesia dengan total 82 kapal, jelas Komandan Lantamal XIV Sorong Laksamana Pertama TNI S. S Panjaitan

Ia mengatakan, kapal yang bernama FB Jamelia 01 tersebut ditangkap oleh Kapal KRI Sorong 9211 saat melakukan patroli di perairan Halmahera Utara pada 22 November 2016.

Dijelaskan bahwa kapal asing itu ditemukan dengan barang bukti alat pancing dan ikan tuna sebanyak lima ton. Kapal tersebut juga tidak dilengkapi satupun dokumen, baik surat izin penangkapan ikan maupun izin pelayaran sehingga KRI Sorong 9211 langsung mengamankan kapal, nakhoda berikut 25 ABK ke Markas Komando Lantamal XIV Sorong guna proses hukum.

Baca juga :   Pengakuan Mantan Ajudan Presiden Soekarno Yang Mengejutkan Tentang Papua

Untuk seluruh ABK kapal tersebut telah di deportasi ke negara asalnya sedangkan nakhoda yang diketahui bernama Joseph Ombauw menjalani proses hukum di pengadilan negeri Sorong. Yang bersangkutan telah dijatuhi hukuman oleh Pengadilan Negeri Sorong satu tahun penjara dan denda Rp 1 miliar. Apabila yang bersangkutan tidak mampu membayar denda tersebut maka dia harus menjalani hukuman pengganti satu bulan kurungan.

“Berdasarkan putusan tersebut kaka Pengadilan Negeri Sorong mengeluarkan surat pemusnahan barang bukti sehingga ikan dan kapal milik nelayan asing tersebut secara resmi dimusnakan serentak dengan beberapa daerah lain di Indonesia,” katanya. (dw)

Komentar Anda

About DAWAR

Berbagi kebahagiaan dengan Cinta yang natural dan berimbang | Surf Your Life | Brake The Limit.

Check Also

Panglima TNI: Seluruh Warga Tembagapura Saat Ini Selamat Dan Aman

Bandung, PAPUANEWS.ID – Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo memastikan semua warga yang berada di ...