Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / KESEHATAN / 16 Kabupaten di Papua Endemik Tinggi Malaria

16 Kabupaten di Papua Endemik Tinggi Malaria

Jayapura, PAPUANEWS.ID – Dinas Kesehatan Provinsi Papua mengatakan ada 16 kabupaten di Papua yang termasuk endemis tinggi malaria dan perlu penanganan secara baik.

Kepala Unit Pelaksana Teknis AIDS, TB dan Malaria (ATM) Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Bery Wopari mengatakan “ada sekitar 16 kabupaten yang endemisitas malaria masih tinggi, enam belas kabupaten itu masuk kategori merah artinya endemisitas malaria masih tinggi.”

16 kabupaten tersebut yakni Kabupaten Keerom, Sarmi, Mimika, Nabire, Waropen Kepulauan Yapen dan beberapa kabupaten di wilayah pegunungan Papua.

Dirinya berharap kabupaten yang endemis malaria masih tinggi itu dapat terus mengintervensi malaria dan melakukan penanganan pasien penyakit malaria sebaik mungkin agar jumlah penderita menurun.

Baca juga :   HKJM Gelar Pertunjukan Wayang Kulit Bagi Masyarakat Jayapura

“Kalau Kabupaten Biak Numfor dan Supiori endemis malaria sudah rendah karena sudah intervensi malaria secara baik, tetapi akan diukur kembali,” ujarnya.

Sedang beberapa kabupaten yang masuk kategori kuning memiliki endemisitas malaria rendah tetapi belum di bawah target sasaran.

“Jadi memang masih harus ada intervensi malaria yakni selain pengendalian nyamuk, tata laksana pasien, tetapi juga program yang ada di masing-masing Dinkes kabupaten/kota di Papua itu juga harus berfungsi baik,” katanya.

Penanganan malaria di masing-masing kabupaten/kota di Papua akan dievaluasi kembali dan lihat sejauh mana perkembangan penanganannya. Meski demikian upaya penanganan malaria harus terus digalakkan. (red,Cs)

Komentar Anda

About Charles Suebu

Netizen asal Papua yang memiliki pandangan berbeda terhadap dunia luar.

Check Also

Save Korowai Dinilai Sebagai Wujud Peningkatan Kesehatan Masyarakat

Jayapura, PAPUANEWS.ID – Perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dalam bidang kesehatan salah satunya dicerminkan melalui ...