Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / NASIONAL / Diplomasi Indonesia Soal Isu Papua harus Lebih Proaktif

Diplomasi Indonesia Soal Isu Papua harus Lebih Proaktif

Jakarta, PAPUANEWS.ID – Tim Pemantau Otonomi Khusus Papua menyelenggarakan diskusi dengan Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru, Samoa, dan Kerajaan Tonga, H.E.Tantowi Yahya.

Diskusi yang diselenggarakan di Kompleks DPR, beberapa waktu lalu, membahas sejumlah isu terkait situasi di Papua dan berkembangnya berita-berita hoax di forum internasional terkait Papua.

Ketua Tim Pemantau Pelaksanaan Otonomi Khusus Papua, sekaligus Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon mengungkapkan adanya upaya dari Kelompok Separatis Papua (KSP) untuk memisahkan Papua dari NKRI dan hal tersebut dilakukan secara terorganisir dan sistematis.

Kelompok separatis tersebut mulau menyebarkan isu baik di level regional Pasifik, maupun internasional. Dengan melakukan penggalangan opini publik, dana, dan bahkan lobi internasional.

“Sayangnya, tekanan yang sangat sistematis tersebut, belum direspon secara totalitas oleh pemerintah Indonesia,” ungkap Fadli, Rabu (30/8).

Baca juga :   Banyak Kecaman Ditujukan Kepada Dubes Inggris

Menurutnya, diplomasi soal Papua harus lebih proaktif dan bahkan offensif dalah hal menangkal berita-berita dan foto-fota bohong. Ia juga berharap keterlibatan semua pihak, baik pemerintah, parlemen, dunia usaha, dan masyarakat harus terlibat dalam upaya diplomasi Papua.

“Suara dan perhatian Indonesia dalam menjaga wilayah Papua sebagai bagian utuh dari NKRI kalah kuat dari propaganda palsu yang digalang oleh Kelompok Separatis Papua,” lanjutnya.

Sebagai rekomendasi, Ketua Tim Pemantau Otsus DPR Fadli Zon mendukung pendekatan total diplomasi yang disarankan Dubes Tantowi Yahya dalam merespon gerakan separatisme Papua. Baik di tingkat regional Pasifik maupun internasional. KAgar seluruh elemen bangsa sadar bahwa Papua bagian tak terpisahkan dari NKRI.

Komentar Anda

About Charles Suebu

Netizen asal Papua yang memiliki pandangan berbeda terhadap dunia luar.

Check Also

Wakil Ketua Komisi I DPR : Kalau Tentara Ditarik, Terus Mau Diganti Hansip?

Jakarta, PAPUANEWS.ID – Wakil Ketua Komisi I DPR fraksi PDI Perjuangan, Tubagus Hasanuddin tidak setuju jika ...