Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / INTERNASIONAL / Pertemuan Bilateral Indonesia dan Palau Bahas Kerjasama Maritim

Pertemuan Bilateral Indonesia dan Palau Bahas Kerjasama Maritim

New York, PAPUANEWS.ID – Republik Indonesia yang diwakilil oleh Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengadakan hubungan bilateral dengan Menteri Negara Palau, Faustina K. Rehurer-Marugg saat rangkaian pertemuan Sidang Umum PBB di New York, Amerika Serikat (21/9).

Pertemuan bilateral tersebut membicarakan tentang perihal penetapan batas-batas maritim antar kedua negara, seperti dikutip dari laman resmi Kemlu RI.  “Saya dan Menteri Rehurer-Marugg, sepakat untuk dorong percepatan perundingan batas maritim antar kedua negara,” kata Retno.

Sebagai sama-sama negara kelautan, kedua Menteri juga membahas mengenai kerja sama maritim. Dalam kaitan ini, Indonesia dan Palau sepakat untuk meningkatkan kerja sama penanganan illegal fishing, sesuai MoU yang telah di sepakati pada tahun 2016.

Baca juga :   Sogavare Diberhentikan dari Partainya, Kaukus Tuduh Presiden UDP

Selain membicarakan kerjasama dalam bidang maritim, Menlu RI juga menyampaikan pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB periode 2019 – 2020. Menlu RI menekankan bahwa selama ini Indonesia telah dan akan terus berkomitmen dalam kontribusinya terhadap perdamaian dan keamanan internasional, salah satunya melalui partisipasi Indonesia pada UN PKO. Saat ini terdapat sekitar 2800 personel militer dan polisi Indonesia pada Pasukan Perdamaian PBB.

Sebagai anggota Pacific Island Forum, Palau memiliki posisi dan pengaruh yang strategis. Kerja sama Indonesia dengan Palau selama ini sangat baik. Indonesia telah memberikan berbagai pelatihan kepada Palau termasuk menganai pemanfaatan batok kelapa kepada masyarakat Palau dalam rangka kerja sama teknis pada tahun 2016. Kedua negara juga telah melakukan penandatanganan “Joint Communique on Combating IUU Fishing” sejak Juli 2016.

Baca juga :   Demo Di Depan KBRI, Mahasiswa Australia Didenda 250 Dollar

Hubungan diplomatik Indonesia dan Palau dibuka secara resmi 6 Juli 2007. Nilai perdagangan Indonesia dan Palau pada tahun 2016 mencapai US$ 41.83 juta. Komoditas utama ekspor Indonesia ke Palau adalah barang konsumsi. (red,CS)

Komentar Anda

About Charles Suebu

Netizen asal Papua yang memiliki pandangan berbeda terhadap dunia luar.

Check Also

KAPP Apresiasi Tawaran Kerja Sama Pemerintah Inggris

Jayapura, PAPUANEWS.ID – Tawaran kerja sama datang dari tim Program Pertumbuhan Ekonomi Hijau dari Pemerintah ...